Upaya Cipta SDM Unggul Dalam Melakukan Penyidikan, Satreskrim Polres TTU-Polda NTT Gelar Coaching Clinic e-MP

Upaya Cipta SDM Unggul Dalam Melakukan Penyidikan, Satreskrim Polres TTU-Polda NTT Gelar Coaching Clinic e-MP

Tribratanewsntt.com - Fungsi reserse kriminal dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan guna menciptakan sumber daya manusia unggul dalam melakukan penyidikan.

Hal ini didampaikan oleh Kapolres TTU melalui Kasatreskrim Polres TTU AKP Sujud Alif Yulamlam saat dikonfirmasi, Jumat (11/6/2021).

"Salah satu upaya Polres TTU  khususnya fungsi Reskrim pagi tadi kita menggelar coaching clinic e-Manajemen Penyidikan (e-MP) di Mapolres TTU", ujar AKP Sujud Alif Yulamlam.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan dengan melibatkan jajaran Polsek  agar dapat memaksimalkan setiap pelayanan Polri khususnya di jajaran Polres TTU pada bidang penanganan perkara.

Diterangkannya, dalam pelaksanaannya sistem e-MP ini sangatlah membantu anggota reserse baik dari level pimpinan hingga penyidik dan penyidik pembantu ketika menangani suatu perkara hingga kasus tersebut selesai ditangani sekaligus untuk mendorong pola kerja yang efektif dan efisien.

"Karena untuk diketahui bersama, pengisian e-MP selama ini yang sedang berjalan belum maksimal dilaksanakan disebabkan keterbatasan kemampuan personel ketika penginputan data administrasi penyidikan,” jelasnya

Lebih lanjut ia jelaskan, terkait implementasi penerpan Restorative Justice program kapolri harus didukung penuh.

"Polres TTU memiliki Program unggulan satreskrim untuk mendukung. Selain itu, pelaksanaan program satu atap dengan intelkam harus terlaksana dan ada dokumentasi,"jelasnya.

"Pelaksanaan Restorative Justice di desa akan dilaksanakan dengan Penyidik masuk desa dalam rangka Percepatan Implementasi Restorative Justice. Mulai dilaksanakan bulan ini. Percepatan penanganan kasus penyidik dalam penanganan perkara dengan jemput Bola. Semangat dalam bekerja dengan baik", tandasnya.