Tekan Angka Kecelakaan Pelajar, Kapolda Resmikan Bus Sekolah 'Manarang Lantas

Tekan Angka Kecelakaan Pelajar, Kapolda Resmikan Bus Sekolah 'Manarang Lantas

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Adang Ganjar meresmikan bus sekolah untuk para pelajar di wilayah tersebut. Bus itu diberi nama 'Manarang Lantas'.

"Ini merupakan inovasi kreatif Ditlantas. Bus ini diharapkan dapat memininalisir angka kecelakaan lalu lintas, khususnya di kalangan pelajar," ujar Irjen Pol. Adang di Hari Syukuran Lalu Lintas Bhayangkara ke-68, Senin (25/9/2023). Ia juga menyerahkan kunci bus itu kepada personel Ditlantas sebagai simbolis perayaan.

Irjen Pol. Adang mengatakan, bus ini menjadi simbol akan pentingnya keselamatan berlalu lintas terhadap anak remaja usia sekolah.

Inovasi ini sendiri terlahir atas dasar kepedulian terhadap tingginya angka kecelakaan di Sulbar, di usia 6-16 tahun. "Hal ini memprihatinkan karena  di usia tersebut anak-anak seharusnya sedang dalam masa pertumbuhan sekaligus masa keemasan untuk meraih cita-cita," kata Irjen Pol. Adang.

Lebih lanjut, ia menilai faktor kecelakaan tidak lepas dari minimnya ketersediaan angkutan umum, sehingga pelajar terpaksa berkendara sendiri ke sekolah. 

"Untuk itu, kehadiran Manarang Lantas menjadi wujud untuk mencegah kecelakaan sekaligus solusi yang tepat bagi anak-anak sekolah untuk tidak lagi berkendara sendiri saat ke sekolah," tutup Irjen Pol. Adang.