Kesiapan Diktukba Polri Tahun 2021, Wakapolda NTT Terima Laporan Hasil Anev Lemdiklat Polri

Kesiapan Diktukba Polri Tahun 2021, Wakapolda NTT Terima Laporan Hasil Anev Lemdiklat Polri

Tribratanewsntt.com - Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si menerima hasil analisa evaluasi (Anev) dan asistensi kesiapan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri tahun 2021 oleh Lemdiklat Polri. Kegiatan ini didahului dengan pemeparan Anev dan asistensi oleh Tim Lemdiklat Polri.

Kegiatan yang digelar di ruang Vicon lantai II Mapolda NTT, Jumat (11/6/2021) ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang proses dan hasil anev Diktukba Tahun Anggaran 2020/2021 dan anev SKL Diktukba Tahun Anggaran 2019/2020 dan kesiapan Prokes di SPN Polda NTT. Sedangkan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai bahan masukan ke Polda dan/atau Kasatdik dalam penyiapan dan pemenuhan standar pendidikan Polri.

Hadir juga dalam kegiatan ini, Ka SPN Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardiyanto, S.St., M.K, Pamen SPN Polda NTT I Kompol Wayan Suparta, S.E dan Pama Biro SDM Polda NTT AKP Hilman Yahya. Sementar dari Lemdiklat Polri dihadiri oleh Kombes Pol.Drs. Lakoni, S.H., M.M., S.I.K., M.SI selaku Ketua tim Anev Lemdiklat Polri, AKBP Tiurma Nainggolan, S.H, Kompol Trias Warahanjani, S.Sos., M.M. dan Kompol Dr. Cheppy Triatna, M. Pd

Setelah kegiatan pemaparan dilanjutkan dengan penyerahan laporan hasil Anev dan Asistensi Kesiapan Diktukba 2021 Polri oleh ketua tim Anev Lemdiklat Polri kepada Wakapolda NTT di ruang kerja Wakapolda NTT dan selama pelaksanaan kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

Dari paparan Ketua Tim Anev Lemdiklat Polri Kombes Pol.Drs. Lakoni, S.H., M.M., S.I.K., M.SI bahwa hasil anev Diktukba Tahun Anggaran 2020/2021 diperoleh berbagai aspek yang sudah baik dan yang perlu dibenahi di SPN Polda NTT.

“Efektivitas proses Diktukba tahun 2019/2020 menunjukkan tinggi yang diindikasikan oleh teralisasinya proses pendidikan dan pengasuhan yang didukung oleh kurikulum dan hanjar yang disediakan lembaga, dan sarana dan prasarana kampus. Hampir semua keterampilan dalam SKL dapat dikuasai oleh lulusan Diktukba tahun 2019/2020 dikarenakan proses pendidikan dan pengasuhan yang efektif”, ucap Kombes Pol.Drs. Lakoni, S.H., M.M., S.I.K., M.SI

“Keterampilan yang belum nampak pada lulusan Diktukba meliputi pengendalian masa, TPTKP, negosiasi, dan SAR & PPGD, sedangkan pada aspek sikap dan tata nilai, ada beberapa poin yang belum dikuasai oleh lulusan diktukba tahun 2019/2020 salah satunya adalah penanaman Kerjasama, jiwa kejuangan dan kepekaan sosial, serta kepedualian sosial”, tambahnya.

Sementara itu, Wakapolda NTT menyampaikan ucapkan terima kasih atas hasil anev yang telah dipaparkan dan dari hasil anev Polda NTT dan SPN akan segera menindaklanjuti.

“Terkait dengan kondisi SPN yang tadi sudah kita lihat pada paparan, kami sudah mengajukan anggaran untuk perbaikan fasilitas di SPN Polda NTT. Kebutuhan akan personel Polri di Polda NTT masih sangat kurang dan baru terpenuhi 40% sehingga banyak jabatan Perwira yang dijabat oleh Bintara dikarenakan kurangnya personel”, terang Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si.

Terkait masalah siswa PJJ, Wakapolda NTT menyatakan banyak permasalahan yang ditemukan, sehingga diharapkan Lemdiklat dapat merumuskan pemecahan masalah terkait PJJ sehingga apabila dilaksanakan PJJ dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

“Saya atas nama Kapolda NTT ucapkan terima kasih atas anev yang telah dilakukan serta temuan - temuan yang didapat sehingga dari temuan - temuan tersebut kami dapat berbenah baik dari fasilitas maupun tenaga pendidik”, tandasnya.