Polda NTT Kirim 48 Anggota Jalani Pendikan Perwira di Lemdiklat Setukpa Polri Sukabumi

Polda NTT Kirim 48 Anggota Jalani Pendikan Perwira di Lemdiklat Setukpa Polri Sukabumi
Foto bersama usai pengumuman hasil Seleksi SIP Angkatan 51 T.A. 2022, Jumat(25/2/22). Fotografer: ady40 humas

Tribratanewsntt.com,- Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si. memimpin pelaksanaan sidang penetapan kelulusan peserta seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) T.A. 2022, Jumat (25/2/22).

Sidang penetapan kelulusan SIP yang dilaksanakan secara terbuka ini merupakan wujud transparasi dari pelaksanaan seleksi dalam menentukan peserta yang memperoleh kesempatan untuk mengikuti pendidikan di Sukabumi T. A. 2022.

Untuk diketahui bahwa peserta yang mendaftar untuk mengikuti seleksi SIP T.A. 2022 sebanyak 466 peserta, gabungan antara Polisi laki laki (Polki) dan Polisi Wanita (Polwan).

Beberapa tahapan yang sudah dilalui oleh peserta seleksi dimulai dari pemeriksaan administrasi (Rikmin), Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ), verifikasi nilai 13 komponen, tes psikologi, Tes Kompetensi Manajerial (TKM), Rikmin Akhir, dan saat ini sudah mencapai puncaknya yaitu sidang kelulusan akhir. Melalui sidang kelulusan tingkat Panda Polda NTT seluruh peserta tersebut diranking sesuai dengan nilai yang diperoleh dari setiap tahapan seleksi dan untuk peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan Dipa sebanyak 48 personel.

“Keberhasilan dalam pelaksanaan seleksi ini, bukan hanya karena adanya perbaikan manajemen dan sistem seleksi, namun juga sangat ditentukan oleh tingginya integritas dan komitmen yang kuat dari seluruh pihak, baik dari panitia seleksi, unsur pengawas internal dan external, maupun peserta itu sendiri yang secara langsung dapat mengetahui hasil kemampuan yang dimilikinya serta dikoreksi terbuka dan diumumkan kepada para peserta”ujar Wakapolda NTT dalam sambutannya.

Dijelaskannya bahwa rangking kelulusan berdasarkan pada penilaian yang diperoleh para peserta, artinya siapapun yang memiliki nilai akhir yang tertinggi tentu saja memiliki kesempatan yang lebih besar. Dari hasil perengkingan Polda NTT mengirim empat orang anggota Polwan dan 44 anggota Polki untuk melaksanakan pendidikan di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi mulai dari tanggal 8 Maret sampai dengan 3 Oktober 2022.
 
Pelaksanaan seleksi SIP angkatan 51 TA. 2022 tidak semata-mata hanya dilaksanakan guna memenuhi kuantitas kuota, namun juga lebih mengedepankan kualitas para peserta yang akan menjadi seorang perwira yang berkualitas. Hal ini mengingat kebutuhan akan perwira pertama Polda NTT masih jauh dari DSP. dari data jumlah rill Pama 888 personil  (20.84 %)  dari  DSP 4.259, kita masih mengalami kekurangan pama sebanyak 3.371 (79.16 %).

“Kepada peserta yang berhasil dan terpilih segera mempersiapkan diri sebaik mungkin baik fisik, mental, dan kesehatan. Untuk peserta yang belum berhasil saya berharap jangan berkecil hati, instropeksi kekurangan pada diri sendiri dan lakukan persiapan semaksimal mungkin guna mengikuti seleksi penerimaan periode berikutnya. Bagi panitia pelaksana seleksi penerimaan SIP T.A 2022 di ucapkan terima kasih yang sebesar - besarnya atas dedikasi dalam melaksanakan tahapan seleksi secara bersih, jujur, dan transparan.” Pungkas Wakapolda.

Untuk diketahui kuota 48 orang ini terdiri dari  Kuota Har Kapolri berjumlah 17 orang terdiri dari 16 anggota Polki dan satu wanita. Sementara kuota khusus Kapolri dua orang anggota Polki. Kuota khusus Kapolda empat orang anggota Polki dan kuota Reguler Bhabinkamtibmas dua orang serta Reguler SPN satu orang. Untuk kuota Reguler terdiri dari 22 orang, 19 orang Polki dan tiga orang Polwan.