Pimpin Pemakaman Almarhum Bharatu Anumerta Bonifasius Jawa: Kapolda NTT Sampaikan Duka yang Mendalam

Pimpin Pemakaman Almarhum Bharatu Anumerta Bonifasius Jawa: Kapolda NTT Sampaikan Duka yang Mendalam

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, bersama pejabat utama Polda NTT, tiba di Kabupaten Ngada menggunakan Pesawat Polri Casa 212. Kedatangan mereka di Bandar Udara Turelelo Soa, Kecamatan Soa Kabupaten Ngada, pada Sabtu, 25 November 2023, pukul 11.48 Wita.

Kapolda NTT dan rombongan disambut oleh Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu, SP, Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Deni Wahyu Setiawan, S.H, dan Kapolres Ngada AKBP Padmo Arianto, S.I.K. Kedatangan ini terkait dengan pemakaman secara Dinas Polri Almarhum Bharatu Anumerta Bonifasius Jawa (22).

Bharatu Anumerta Bonifasius Jawa gugur dalam kontak tembak antara Satgas Ops Damai Cartenz dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, pada Rabu, 22 November 2023. Kapolda NTT menyampaikan keprihatinan dan dukacita mendalam atas kehilangan Bhayangkara Polri yang berani dan tangguh.

Dalam upacara pemakaman, Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum, sebagai inspektur upacara, menyatakan bahwa Polri merasakan kesedihan yang mendalam atas kehilangan seorang Bhayangkara sejati yang gugur dalam tugasnya.

"Dibalik kesedihan dan rasa berduka, tapi ada kebanggaan juga yang tersirat. Anak kita, saudara kita, adik kita, gugur di medan tugas sebagai pahlawan. Beda gugur, tewas, dan meninggal dalam terminologi TNI/Polri. Gugur artinya meninggal saat melaksanakan tugas," ungkap Kapolda NTT.

Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma menyampaikan bahwa Polri memberikan apresiasi, penghargaan, dan penghiburan kepada keluarga almarhum. Adik-adik almarhum diberikan kesempatan untuk menjadi anggota Polisi dengan mengikuti pendidikan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan dedikasi almarhum terhadap Polri, Bangsa, dan Negara.

"Semoga keluarga menerima dengan ketabahan dan ikhlas. Sekali lagi kami menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Tuhan selalu menyertai kita semua," pungkas Kapolda NTT.

Turut hadir dalam upacara pemakaman Almarhum Bharatu Anumerta Bonifasius Jawa (22) para pejabat utama Polda NTT, Wakil Satgas Ops Damai Cartenz, Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Dandim 1625/Ngada, Kapolres Ngada, para Perwira Polres dan Kodim 1625/Ngada, serta tokoh agama dan masyarakat setempat.

Setelah memimpin upacara pemakaman, Kapolda NTT beserta PJU Polda NTT kembali kekesatuan Mapolda NTT menggunakan Pesawat Polri Casa 212.