Personel Polda NTT Amankan Ibadah Perjamuan Kudus di Kota Kupang

Personel Polda NTT Amankan Ibadah Perjamuan Kudus di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Personel Polda NTT yang tergabung dalam Ops lilin Turangga dan Anggota Polresta Kupang Kota mengamankan jalan ibadah perjamuan kudus di gereja-gereja di Kota Kupang, Rabu (28/12/2022).

Tercatat 313 Personel dari Polda NTT dan Polresta Kupang Kota yang tergabung dalam Operasi Lilin Turangga 2022 yang mengamankan ratusan gereja yang menggelar kegiatan peribadatan.

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., mengatakan bahwa pengamanan itu dilakukan hingga ibadah akhir tahun pada tanggal 31 Desember.

"Kebaktian perjamuan Kudus di gereja-gereja juga dalam rangka ibadah akhir tahun yang akan dilaksanakan pada 31 Desember 2022", ucap Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Untuk hari ini dan besok, personel gabungan Polda NTT melakukan pengamanan ibadah kebaktian Perjamuan Kudus di beberapa Gereja Protestan di Kota Kupang.

"Pengamanan dan pengaturan arus lalu-lintas tersebut mulai dengan perjamuan kudus dari siang hari hingga pada sore dan malam hari dan ada beberapa gereja pada keesokan hari" terangnya.

Dijelaskannya pula bahwa, Pengamanan yang dilakukan oleh ratusan personel gabungan ini untuk menciptakan rasa aman dan kondusif bagi ribuan jemaat yang datang dari berbagai daerah untuk beribadah.

"Tujuan pengamanan yang kita laksanakan, guna memberikan jaminan rasa aman dan nyaman untuk umat yang melaksanakan Ibadah serta melancarkan arus lalu lintas," jelasnya.

Untuk pengamanan gereja, disamping ada personel yang standby melaksanakan pengamanan, juga akan dilakukan pengamanan secara mobile dan sterilisasi oleh personel Brimob.

Pengamanan juga melibatkan unsur-unsur dari ormas, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.

Diketahui bahwa Polda NTT telah menyiapkan 1.904 orang personel Polri untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengamanan Natal dan Tahun Baru juga melibatkan seluruh stakeholder terkait dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja dan PT Jasa Raharja.

Secara keseluruhan ada  3.902 orang baik Polri, TNI dan instansi terkait yang terlibat dalam pengamanan Nataru di wilayah NTT. Khusus dari unsur Polri sebanyak 1.900 personel.

Operasi Lilin Turangga 2022 di wilayah Polda NTT dilakukan selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 dilanjutkan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan mulai tanggal 3 Januari 2023.