Kapolda NTT Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolres Timor Tengah Selatan

Kapolda NTT Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolres Timor Tengah Selatan
Kapolda NTT Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolres Timor Tengah Selatan

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum pimpin upacara serah terima jabatan Kapolres Timor Tengah Selatan (TTS) di Mapolda NTT, Selasa (3/11/2020).

Hadir dalam upacara ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si, para Pejabat Utama Polda NTT dan para perwakilan Pamen Satker Mapolda NTT.

Jabatan Kapolres TTS diserahterimakan dari AKBP Aria Sandy, S.I.K kepada AKBP Andre Librian, S.I.K ang sebelumnya menjabat sebagai Kanit V Subdit III Dittipiter Bareskrim Polri. AKBP Aria Sandy, S.I.K pindah tugas sebagai Wadir Lantas Polda NTT.

Sertijab kapolres TTS ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Setelah pengambilan sumpah jabatan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah berita acara, sumpah jabatan, dan fakta integritas.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum menyampaikan bahwa, serah terima jabatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan karier dalam rangka peningkatan kinerja dan upaya pimpinan untuk memelihara motivasi personel dalam melaksanakan tugas pokoknya, sehingga tujuan organisasi dala memberikan pelayanan terhadap masyrakat tetap terjaga dengan baik.

"Kapolres adalah pimpinan Polres yang memeliki tugas memimpin, membina, mengawasi dan mengendalikan satuan-satuan fungsi di lingkungan Polres dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya", terang Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolres juga merupakan jabatan straegis karena selain sebagai pimpinan kesatuan di tingkat kewilayahan juga sebagai pimpinan kesatuan operasional dasar, dimana di dalamnya terdapat satuan dan unit kerja yang lengkap dengan didukung semua sumber daya manusia, anggaran dan sarana prasarana", tambahnya.

Dikatakannya, dengan tantangan tugas itu maka, seorang Kapolres harus mengetahui dan memahami semua permasalahan internal yang terjadi di kesatuan, serta memahami berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik itu masalah sosial kemasyarakatan maupun masalah yang berkaitan dengan kamtibmas, termasuk kerawanan menjelang Pilkada serentak tahun 2020.

"Walaupun wilayah hukum Polres TTS tidak melaksanakan Pilkada, namun tetap melakukan giat imbangan dengan mengedepankan sistem rayonisasi dalam pelibatan personel, dimana personel Polres TTs akan melaksanakan pengamanan BKO ke Polres TTU nantinya", jelasnnya.

Pada kesempatan ini, Kapolda NTT mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdian dan dedikasinya selama bertugas sebagai Kapolres TTS serta mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada pejabat baru.

"Saya ucapkan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi selama bertugas sebagai Kapolres TTS AKBP Aria Sandi, semoga ini dapat menjadi pendorong dan inspirasi untuk mencapai kesuksesan dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian pada tempat tugas yang baru sebagai Wadir Lantas Polda NTT. Kepada Kapolres TTS yang baru AKBP Andre Librian, S.I.K, agar segera beradaptasi dengan wilayah Kabupaten TTS", ucap Kapolda NTT.

Lanjut Kapolda NTT berpesan kepada Kapolres TTS yang baru, untuk melaksankan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, proporsional dan obyektif serta aturan yang berlaku dengan moralitas yang tinggi sehingga sesuai harapan masyarakat yang mendambakan rasa aman dan nyaman dapat diwujudkan, serta menjadi konsultan yang solutif bagi bawahan dan masyarakat.

"Segera mengidentifikasi dan menguasai wilayahnya untuk dapat melihat kerawanan-kerawanan supaya dapat segera mengambil langkah strategis dan jalin kerja sama yang sinergis dengan pejabat utama dan kasatwil sejajaran Polda NTT lainnya serta seluruh stakeholder terkait dalam membina kamtibmas bersama seluruh potensi masyarakat, sehingga tercipta soliditas dalam menjaga situasi kamtibmas aman dan damai", pesannya.

Diakhir sambutannya, Kapolda NTT menyampaikan tiga kosen utama Polda NTT saat ini yakni, Penanganan Covid-19, Pengamanan Pilkada Serentak di sembilan Kabupaten di wilayah NTT dan mendukung Program Pemerintah terkait Pariwisata Super Premium di NTT khususnya Labuan Bajo.