551 calon Bintara Rekpro Panda Polda NTT Siap Mengikuti Tahapan Seleksi

551 calon Bintara Rekpro Panda Polda NTT Siap Mengikuti Tahapan Seleksi

Tribratanewsntt.com,- Panitia Daerah (Panda) Polda NTT menerima pendaftar Rekrutmen Proaktif (Rekpro) Bintara Polri TA 2023.

Hingga akhir waktu pendaftaran, Minggu (16/10/2022) pukul 00.00 wita, terdata sebanyak 551 peserta seleksi jalur ini.
Pendaftaran peserta seleksi dilakukan sejak 26 September hingga 16 Oktober 2022 di sejumlah Polres.

Rekpro jalur Affirmative Action, pendaftar online sebanyak 508 orang dan terverifikasi 508 orang terdiri dari pria 413 orang dan wanita 95 orang.

Untuk talent scouting, pendaftar online 37 orang dan semuanya terverifikasi  terdiri dari pria 27 orang dan wanita 10 orang.

Jalur penghargaan sebanyak 6 orang terdiri dari pria 5 orang dan wanita 1 orang.
"Total peserta ada 551 orang terdiri dari 445 orang pria dan 106 orang wanita," ujar Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT, AKBP Sajimin, S.I.K, M.H, Senin (17/10/2022).

Mulai Senin (17/10/2022) dilakukan pemeriksaan administrasi awal di aula SPN Polda NTT.

Pemeriksaan administrasi awal meliputi pemeriksaan ijazah dan penghitungan nilai sekolah serta nilai ujian nasional, pemeriksaan KTP, akte kelahiran dan kartu keluarga, pemeriksaan BPJS dan kartu vaksin dan pemeriksaan pernyataan khusus.

Juga dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan dari Bid Dokkes Polda NTT. Alat pengukuran sudah ditera oleh petugas Bidang Metrologi, Disperindag Provinsi NTT.

Pemeriksaan administrasi melibatkan pihak eksternal dari Dispenduk, Dinas Pendididikan, Dispora, KONI dan Kementerian agama serta AJI Kupang.
Rekrutmen proaktif Bintara Polri TA 2023 terdiri dari affirmative action (tindakan penguatan), talent scouting (pencarian bakat) dan kategori penghargaan.   

Affirmative action berasal dari tujuh Polres (Polres TTU, Belu, Sumba Timur, Rote Ndao, Alor, Malaka dan Sabu Raijua), talent scouting dari 9  Polres (Polresta Kupang, Polres TTS, Polres Ende, Ngada, Manggarai, Nagakeo, Sumba Timur, Alor, Sabu Raijua), dan penghargaan dari 2 Polres (Polres Flores Timur dan Sabu Raijua). 

Pemeriksaan psikologi tahap I, uji akademik akan dilaksanakan dengan computer assissted test (CAT).
Sedangkan uji tes jasmani dan antropometri, pemeriksanaan kesehatan, PMK, pemeriksaan psikologi tahap II dan pemeriksaaan administrasi dilaksanakan secara terbuka dan transparan.

Proses seleksi juga menggunakan metode one day service yakni peserta dapat mengetahui hasil seleksi di hari yang sama. 

Selain itu juga Polda NTT bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk bersama-sama mewujudkan proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis (Betah), melibatkan pihak eksternal sebagai pengawas  berasal dari provinsi ntt antara lain Asosiasi Jurnalis Independen (AJI), IDI, Dispora, KONI, Lldikti, Disdikbud, Kanwil Kemenang, Dinas Dukcapil, dan badan meteorologi yang bersertifikat sesuai keahliannya. 
Selain itu, juga melibatkan pengawas internal (Itwasda dan Bidpropam) Polda NTT.