Tutup Tradisi Pembaretan, Pesan Kapolda NTT Terus Bermimpi Setinggi-Tingginya dalam Menggapai Cita-Cita dan Cinta

Tutup Tradisi Pembaretan, Pesan Kapolda NTT Terus Bermimpi Setinggi-Tingginya dalam Menggapai Cita-Cita dan Cinta
Pemasangan Baret oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H kepada tiga perwakilan peserta pada Upacara Penutupan tradisi Pembaretan di Pantai Tablolong, Senin (15/8)

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H pimpin langsung upacara penutupan tradisi pembaretan kepada Perwira Remaja AKPOL Angkatan 53 dan Bintara Remaja Angkatan 47 Tahun 2022 di Pantai Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Senin (15/8/2022).

Hadiri dalam kegiatan ini, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Heri Sulistianto, Irwasda Kombes Pol. Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M dan Dirsamapta Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H serta para pejabat utama Polda NTT.

Upacara ini pun ditandai dengan pemasangan baret coklat khas Samapta kepada tiga orang perwakilan, kemudian Penyiraman air kembang kepada seluruh peserta dilanjutkan dengan cium Pataka Polda NTT Satya Turangga Wira Sakti dan Benderah Merah Putih.

Kapolda NTT pada kesempatan ini menyamapikan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan upacara penutupan pembaretan bisa dilaksanakan dengan baik.

"Saya tentunya bersyukur bahwa, akhirnya lima hari empat malam yang sudah dilewati oleh seluruh Perwira Remaja dan Bintara Remaja sebanyak 253, berangkat hari Kamis, kemudian hari ini, Senin tanggal 15 Agustus 2022 semuanya tetap dalam keadaan sehat walafiat. Tetap dalam kondisi yang prima tentu semuanya berkat dari pada Tuhan yang maha kuasa", ucapa Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Dikatakannya, dalam pelaksanaannya, selain rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa tentu ada harapan-harapan bahwa, pelaksanaan kegiatan pembaretan ini, tidak hanya sekedar dimaknai sebagai pemasangan baret, kemudian mencium Pataka Polda NTT dan mencium Bendera Merah Putih serta penyiraman air kembang, tetapi banyak makna dalam pelaksanaan kegiatan ini yang harus disadari bahwa ini merupakan sebuah tradisi. Tradisi yang baik, tradisi yang positif untuk menjalin atau memupuk kekompakan, solidaritas, rasa kebersamaan, rasa kekeluargaan antar Perwira Remaja dan Bintara Remaja.

"Saya yakin banyak cerita, ada suka, ada duka, ada keluh kesah, tetapi pasti ada bahagia dan ada juga suka cita yang menyertai dalam pelaksanan kegiatan ini", kata Jenderal bintang dua ini.

"Ini akan terkenang selamanya, tidak hanya berhenti sampai di sini saja, tetapi sampai kapan pun kalian dalam ikatan pembaretan tahun 2022 ini tentu akan mengandung sebuah persaudaraan yang lebih untuk selama-lamanya", tambahnya.

Ia berharap, kegiatan ini sebagai langkah awal untuk siap melaksanakan tugas di mana pun akan ditugaskan, yang tentunya tetap melaksanakan tugas secara Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transpansi, Berkeadilan) serta gerakan Polda NTT semangat melayani yang dikumandangkannya.

"Saya minta dalam pelaksanaan tugas kepada masyarakat, semua tetap melaksanakan dengan pedoman semangat melayani. Apa pun bentuk tugas itu, harus kita lakukan dengan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terbaik", pinta Kapolda NTT.

Kapolda NTT pun berpesan kepada para Perwira Remaja dan Bintara Remaja untuk bermimpi setinggi-tingginya dalam menggapai cita-cita dan cinta.

"Jangan berhenti hanya dengan pangkat yang sekarang saja, tetapi gapailah cita-cita dan cinta kalian, cari yang terbaik sehingga dapat mendukung pelaksanan kerja sehari-hari nantinya", pesannya.

Orang nomor satu di jajaran Polda NTT ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Pejabat Utama yang telah menyempatkan waktu untuk datang memberikan tambahan ilmu saat pelaksanan kegiatan.

"Saya mengucapkan terima kasih setidaknya, bisa memberikan gambaran dan pendekatan atau saling mengenal untuk bisa bersilaturahmi dengan seluruh Perwira Remaja dan Bintara Remaja ini dengan lebih baik", ucapnya.

Kepada Dirsamapta beserta anggota, Kapolda NTT juga mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pelaksanan tugas ini dengan baik.

"Hormat saya kepada Direktorat Samapta yang sudah melaksanakan kegiatan pembaretan ini dengan baik. 253 berangkat, 253 kembali dengan keadaan sehat walafiat. Nikmati kebahagiaan ini dengan baik. Ceritakan segala sesuatu yang indah-indah kepada teman, keluarga, kepada orang tua apa yang kalian alami di sini, ini adalah kegiatan yang sangat positif", tandas Kapolda NTT.