Tingkatkan Kegiatan Harkamtibmas dan Cegah Penyebaran Covid-19, Ditpolair Polda NTT dan Jajaran Lakukan Patroli Dialogis di Perairan

Tingkatkan Kegiatan Harkamtibmas dan Cegah Penyebaran Covid-19, Ditpolair Polda NTT dan Jajaran Lakukan Patroli Dialogis di Perairan
Tingkatkan Kegiatan Harkamtibmas dan Cegah Penyebaran Covid-19, Ditpolair Polda NTT dan Jajaran Lakukan Patroli Dialogis di Perairan

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka mendukung program transformasi Polri dalam penguatan harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat), Personil Ditpolair Polda NTT dan Satpolair jajaran Polda NTT melakukan pantau wilayah perairan melalui kegiatan kegiatan patroli dialogis perairan, Jumat (14/5/2021) kemarin.

Dalam kegiatan patroli dialogis tersebut, anggota Ditpolair Polda NTT dan Satpolair Jajaran Polda NTT mengajak sekaligus menghimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan serta menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Pada kegiatan itu, Ditpolair Polda NTT melaksanakan giat patroli, Polmas dan sambang perairan rutin di wilayah perairan Polda NTT dengan Surat Perintah Nomor : SPRIN / 107 / V/ HUK.6.5/2021 tanggal 01 Mei 2021. Sarana yang digunakan 5 Kapal Polisi C1 dan 2 Kapal Polisi tipe C2 dengan jumlah personil yang dilibatkan sebanyak 44 orang Personil.

Adapun lokasi patroli dialogis dengan menggunakan KP.XXII 3006 dengan lokasi Perairan Pulau Mesah, KP.XXII-3008 dengan lokasi giat patroli di perairan Manggarai Barat dan sekitarnya, KP.XXII-3009 dengan lokasi pantai Temkuna, KP.XXII-3011 dengan lokasi giat sambang di pesisir pantai Wisata Sulamanda, KP XXII 3013 dengan lokasi giat patroli perairan Sulamu, KP XXII 3015 dengan lokasi giat patroli di perairan Pulau Kera dan KP XXII-2005 dengan lokasi giat patroli di perairan pulau Tabui dan sekitarnya.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh anggota tidak ditemukan adanya pelanggaran di atas kapal. Nahkoda dan abk dapat memahami pentingnya dokumen dan alat-alat keselamatan di atas kapal pada saat berlayar.

Anggota juga memberikan pengertian dan pemahaman kepada Nahkodan dan Abk agar tidak menangkap Satwa Laut yang di lindungi dan tidak menggunakan bahan peledak maupun racun potasium yang dapat merusak ekosistem bawah laut serta memberi himbauan agar selalu memperhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan pelayaran dan selalu menjaga kebersihan diri dan kebersihan di atas kapal sehingga dapat mencegah penularan virus corona (covid 19).

Selain itu, Satpolair Jajaran Polda NTT juga melakukan pengamanan di pelabuhan saat masuk kapal untuk bongkar muat penumpang barang dan kendaraan.

Kegiatan pengamanan pelabuhan ini juga dalam rangka Ops Ketupat Ranakah 2021 dengan selalu memberikan Imbauan Protokol kesehatan covid-19 kepada masyarakat saat beraktivitas di pelabuhan.

Anggota pun juga memberikan imbauan kepada masyarakat saat melaut agar memperhatikan cuaca saat ini dan selalu membawa alat keselamatan atau life jacket serta menangkap ikan agar menggunakan alat tangkap yang rama lingkungan dan tidak  menggunakan Bom ikan dan potasium.

Kegiatan patroli dialogis yang dilakukan oleh Ditpolair Polda NTT dan Satpolair jajaran Polda NTT ini juga dalam rangka menghadapi ancaman/situasi kontijensi dan situasi darurat lainnya sebelum dan sesudah hari raya Idul Fitri 1442 H/ tahun 2021.