Polres Rote Ndao Bantu Bersihkan Rumah Warga Pasca Tanah Longsor

Polres Rote Ndao Bantu Bersihkan Rumah Warga Pasca Tanah Longsor

Tribratanewsntt.com, ROTE NDAO - Polres Rote Ndao memberikan respon cepat dengan menerjunkan 20 personel untuk membersihkan rumah warga yang rusak akibat tanah longsor. Kejadian tersebut terjadi akibat curah hujan tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Rote Ndao, Senin (11/3/2024).

Bencana tanah longsor terjadi pada hari Minggu lalu (10/03) di RT 10 / RW 04, lingkungan sebelah kali, Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao. Dampaknya, dua rumah milik warga, yaitu Rony Tally dan Mikael Tally, mengalami kerusakan serius.

Kapolres Rote Ndao, AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P., memimpin langsung 20 personel Polres dalam membantu warga membersihkan material longsor dan mengevakuasi barang-barang yang masih dapat diselamatkan. Dengan menggunakan peralatan ringan seperti sekop, pacul, linggis, dan karung, petugas bersama warga berkolaborasi membersihkan rumah dan material longsor.

Kapolres menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rote Ndao serta instansi terkait untuk langkah penanganan selanjutnya.

"Tindakan kami saat ini adalah respon cepat terhadap kejadian di tengah warga. Selanjutnya, kami juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk pemerintah dan BPBD untuk penanganan lebih lanjut. Semoga upaya ini dapat membantu warga," ungkap Kapolres pada Senin (11/03/2024).

Kapolres menegaskan bahwa kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian material pada rumah warga yang perlu dihitung ulang karena beberapa barang masih tertimbun tanah.

Dalam kesempatan ini, Kapolres memberikan himbauan kepada warga untuk tetap waspada mengingat curah hujan yang tinggi dan angin kencang di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam, terutama saat ini dengan hujan dan angin yang intensitasnya cukup tinggi. Bila ada kejadian segera laporkan ke pihak berwenang agar cepat ditangani," imbau Kapolres.