Polres Kupang Kota Amankan Kegiatan Kupang Coklat Hijau dan Pawai Ogoh-Ogoh

Polres Kupang Kota Amankan Kegiatan Kupang Coklat Hijau dan Pawai Ogoh-Ogoh

Tribratanewsntt.com - Personel Polres Kupang Kota melakukan pengamanan kegiatan Kupang Coklat Hijau Festival I Tahun 2019 dan pawai ogoh - ogoh dalam menyambut hari Raya Nyepi yang bertempat di Bundaran Tirosa, jalan Frans Seda, Kelurahan TDM, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (6/3/2019) kemarin.

Kegiatan pengamanan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P.T. Binti, S.I.K., bersama personel Polres Kupang Kota.

Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P.T. Binti, S.I.K., saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Kamis (7/3/2019) pagi, mengatakan dalam acara Festival Kupang Coklat Hijau Festival I Tahun 2019 adalah sebuah Festival Eco-Etno Religius. Kegiatan ini menunjukan kebersamaan dan persaudaraan yang selama ini terbina dengan baik. Kegiatan ini diawali dengan peragaan Barongsai, dan ada juga penampilan Reog Ponorogo, penyucian alam Tawur oleh pandita PHDI Anak Agung, tarian sakral Rejang Renteng, dan tari Pendet oleh ibu-ibu PHDI Kota Kupang, serta penyerahan simbolis bibit tanaman kepada perwakilan lima orang dari Kelurahan.

Lanjutnya, selain rangkaian acara tersebut ada acara penting yakni, perarakan ogoh - ogoh yang mana merupakan bagian dari upacara Pecaruan yang dilaksanakan umat Hindu dalam menyambut Hari Raya Nyepi 2019. Upacara ini dibuat agar pada saatnya nanti semua terkendali dengan baik sehingga umat Hindu dalam melakukan Catur Brata Penyepian bisa berjalan dengan baik.

Kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan Kapolres mengingatkan agar melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan maksimal, tidak meninggalkan lokasi sebelum pawai ogoh-ogoh selesai untuk memastikan kegiatan berakhir dengan aman dan kondusif.

"Selain melaksanakan pengamanan, personel juga mengatur arus lalulintas disekitar lokasi tersebut",ujarnya.

"Adapun rute dari pawai ogoh - ogoh yakni, mulai dari Bundaran tirosa - Jl. Frans Seda - Polres Kupang Kota dan Finish Bundaran Tirosa", pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Walikota Kupang Drs. Jefritson Riwu Kore, M.M., M.H,. Ketua DPRD Kota Kupang Yeskiel Loudoe, GM PLN Unit Induk Wil NTT Ignatius Rendroyoko, Forkompinda, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat, serta undangan sekitar 750 orang. (G)