Personel Gabungan Polda NTT Pastikan Keamanan Ibadah Awal Tahun 2024 di Kota Kupang

Personel Gabungan Polda NTT Pastikan Keamanan Ibadah Awal Tahun 2024 di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) melibatkan personel gabungan dalam operasi Lilin Turangga 2023 untuk menjaga pengamanan ibadah awal tahun 2024 di sejumlah gereja di Kota Kupang, NTT. Senin pagi (1/1/2024).

Personel Polda NTT dan Polresta Kupang Kota ditempatkan di gereja-gereja baik Katholik maupun Kristen Protestan.

Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K., Kabidhumas Polda NTT, menyatakan bahwa pengamanan dilaksanakan secara terbuka dan tertutup, dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Nasrani yang hendak melaksanakan ibadah awal tahun.

"Personel yang dilibatkan melakukan pengamanan dan pengaturan pada ibadah, sesuai dengan jadwal kegiatan di gereja masing-masing," ungkap Kombes Pol. Ariasandy.

Selain penjagaan oleh personel yang standby, pengamanan juga dilakukan secara mobile, termasuk personel Brimob yang berjaga siaga jika diperlukan. Sebelum ibadah dimulai, personel Brimob melakukan sterilisasi di setiap gereja untuk memastikan keamanan.

Pengamanan gereja tersebut melibatkan tidak hanya personel Polda NTT, tetapi juga unsur-unsur dari TNI, Perhubungan, organisasi masyarakat (ormas), tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Kolaborasi ini diharapkan dapat menciptakan suasana perayaan Natal yang aman dan tertib.

Kombes Pol. Ariasandy menegaskan bahwa selain menjaga keamanan di tempat ibadah, personel juga akan melaksanakan patroli dan pengamanan di tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan objek vital lainnya. Upaya ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan ketertiban masyarakat di berbagai lokasi strategis.

"Pengamanan gereja yang dilakukan oleh Polda NTT dan Polres jajaran ini untuk menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani dalam beribadah," tambahnya.