Peringati Hari Jadi Ke 75 Polwan RI, Kapolda NTT Minta Polwan Merasa Setara dengan Polki dalam Bertugas

Peringati Hari Jadi Ke 75 Polwan RI, Kapolda NTT Minta Polwan Merasa Setara dengan Polki dalam Bertugas

Tribratanewsntt.com- Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma M.Hum, beserta Ibu Asuh Polwan Polwan Polda NTT, Ny. Vera Johni Asadoma, menghadiri perayaan yang meriah dalam rangka HUT Polwan ke-75 pada Jumat, 8 September 2023. 

Acara yang dilangsungkan di aula hotel Harper Kupang ini menjadi momen istimewa yang diwarnai oleh budaya dan semangat persatuan.

Tarian adat Lewo Ro Piring Sina E, yang dipersembahkan oleh Polwan dari Biddokkes dan RSB Kupang, menyambut kedatangan Kapolda NTT dan Ibu Asuh Polwan, memancarkan keindahan dan kekayaan budaya dari Kabupaten Alor.

Perayaan ini menjadi luar biasa karena seharusnya HUT Polwan diperingati setiap tanggal 1 September setiap tahun, namun, Polwan Polda NTT memutuskan untuk merayakannya hari ini, memunculkan semangat yang tak terlupakan.

Acara ini juga dihadiri Irwasda Polda NTT, para pejabat utama, Kapolres, dan pengurus Bhayangkari Daerah NTT, bersama dengan sesepuh Polwan, perwakilan dari Kowad, Kowal, Wara, serta Polwan Garnizun Polda NTT.

Pembukaan acara dimulai dengan penuh semangat saat seluruh undangan menyampaikan lagu Indonesia Raya dan Mars Polwan. Sebagai simbol dimulainya acara syukuran, Kapolda NTT didampingi oleh Ibu Asuh Polwan memberikan potongan tumpeng kepada dua perwakilan Polwan NRP tertua, AKBP Margarita Sulabesi, dan yang termuda, Bripda Bintang.

Peringatan HUT Polwan RI dari tingkat Mabes, Polda, dan Polres jajaran telah berlangsung dari tanggal 24 Juli hingga 31 Agustus 2023. Tema yang diusung dalam rangkaian kegiatan ini adalah "Polri Presisi untuk negeri, Polwan Siap mendukung pemilu damai menuju Indonesia Maju."

Dalam sambutannya, Kapolda NTT mendorong seluruh Polwan untuk terus berkembang, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta menjalankan tugas dengan penuh keberhasilan dan kepedulian. Ia juga menegaskan pentingnya kesetaraan antara Polwan dan Polisi Laki-laki dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Berikan yang terbaik untuk kebaikan Bangsa, negara dan masyarakat khususnya yang ada di NTT”ujar Kapolda NTT.

Jenderal bintang dua ini pun meminta Polwan Polda NTT harus merasa Setara dengan dengan Polisi Laki-laki (Polki).

Dalam menjalankan tugas, katanya, Polwan harus konsisten dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Menjadi Polri yang Presisi dalam rangka terwujudnya kamtibmas yang kondusif. Bagi yang bertugas di bidang penegakan hukum khususnya perlindungan terhadap perempuan dan anak agar membandingkan kemitraan dengan lembaga terkait lainnya”lanjut Kapolda NTT.

Kapolda mengingatkan agar tetap menjaga netralitas Polri dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024.

“Dalam kehidupan sehari-hari, rangkul masyarakat dan semua elemen yang ada, menjadi problem solving yaitu mampu mendefinisikan masalah, membuat skala prioritas dan menyusun alternatif solusi memecahkan masalah dengan baik. Dalam memainkan peran ganda sebagai seorang ibu agar tidak bergaya hidup mewah/hedonisme” tegasnya.

“Akhir kata saya ucapkan Selamat hari jadi Polwan ke 75 kepada seluruh Polwan, semoga Polwan semakin Jaya dan semakin banyak berkiprah dalam mengisi kemerdekaan di negara RI yang kita cintai dan kita banggakan ini”pungkas Kapolda NTT.

Acara ini menjadi lebih istimewa dengan penampilan Polwan yang membawakan nyanyian daerah dan tarian, menciptakan momen kebersamaan yang tak terlupakan. Selamat Hari Ulang Tahun ke-75 untuk Polwan, semoga Polwan terus mengukir prestasi dan kontribusi positif dalam membangun Indonesia yang kita cintai.