Kapolda NTT Pimpin Penyerahan DIPA 2024 dan Pakta Integritas: Langkah Proaktif dalam Membangun Transparansi dan Kepercayaan

Kapolda NTT Pimpin Penyerahan DIPA 2024 dan Pakta Integritas: Langkah Proaktif dalam Membangun Transparansi dan Kepercayaan

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., memimpin acara penyerahan DIPA/RKA-KL Tahun Anggaran 2024 dan Pendatanganan Pakta Integritas Satker di aula lantai I Mapolda NTT. Rabu, 3 Januari 2024.

Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., Irwasda Polda NTT, Kombes Pol. I Made Sunarta, M.H., dan Karorena Polda NTT, Kombes Pol. R. Dadik Junaedi Supri Hartono, juga turut hadir mendampingi Kapolda NTT.

Hadir juga Para Pejabat Utama Polda NTT dan para Kapolresta/ Kapolres jajaran Polda NTT.

Penyerahan DIPA/RKA-KL secara simbolis dilakukan kepada pejabat utama Polda NTT dan Kapolres, dengan penerimaan simbolis oleh Irwasda, Karologistik, Dirsamapta, Kabiddokkes, dan Kapolresta Kupang Kota. Sementara itu, penandatanganan pakta integritas dilakukan oleh Kasatker Polda NTT dan Kapolres jajaran.

Kapolda NTT memberikan pesan kepada masing-masing kasatker yang menerima anggaran DIPA untuk menjaga dan mempergunakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Ia menekankan pentingnya penggunaan anggaran secara benar, patut, dan tepat, serta mencegah pemborosan, penyimpangan, dan penyalahgunaan.

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi DIPA ini diharapkan para Kasatker dapat mengetahui besaran anggaran yang tersedia di Satkernya untuk mendukung pelaksanaan tugas yang dituangkan dalam program-program dan kegiatan di TA 2024," ungkap Kapolda NTT.

Dalam konteks pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas organisasi, penandatanganan pakta integritas tahun 2024 dilakukan. Kapolda NTT menekankan pentingnya penggunaan anggaran secara disiplin, teliti, tepat sasaran, transparan, dan akuntabel, dengan orientasi pada hasil dan manfaat maksimal bagi masyarakat.

Acara ini bukan hanya sebagai penyerahan anggaran, tetapi juga sebagai langkah untuk memastikan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan keterbukaan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan dari Dirjen Perbendaharaan Negara. Kegiatan ini menjadi bagian dari siklus perencanaan anggaran Polri dan media untuk penjabaran rencana pembangunan nasional, khususnya untuk satker jajaran Polda NTT dalam T.A. 2024.