Kapolda NTT Lepas Keberangkatan Peserta Pertikara Nasional IV Tahun 2022

Kapolda NTT Lepas Keberangkatan Peserta Pertikara Nasional IV Tahun 2022

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum memimpin upacara pelepasan keberangkatan rombongan Duta Saka Bhayangkara Polda NTT, dalam kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara (Pertikara) tingkat Nasional Tahun 2022, yang akan dilaksanakan di Kota Palembang, Sabtu (12/11/2022).

Pertikara (Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara) tingkat Nasional IV ini akan melakukan kegiatannya perkemahannya di Palembang pada tanggal 13 sampai dengan 18 November 2022.

Sebanyak 16 orang peserta Pertikara Polda NTT yang didampingi dua orang pendamping dan Dirbinmas Polda NTT akan bergabung bersama peserta lainnya dari seluruh Provinsi di Indonesia di Palembang nantinya.

Kapolda NTT berharap dengan adanya kegiatan ini para peserta Pertikara dapat mengikuti segala kegiatan dengan baik dan dituangkan dalam laporan.

"Setelah selesai kegiatan di Palembang nanti adik-adik Pramuka semuanya dapat membuat laporan kepada para Kapolres agar dibentuk Saka Bhayangkara di Polres-Polres. Setiap kegiatan adik-adik di Palembang nanti diisi dalam laporan disertakan foto kegiatan. Ini gunanya agar menjadi dokumen pribadi dan kesatuan masing-masing"ujar Kapolda NTT.

Jenderal bintang dua ini juga berharap dengan adanya kegiatan perkemahan tingkat Nasional yang ke IV yang digelar di Provinsi Sumatera Selatan sejak 13 sampai 18 November 2022 ini dapat menumbuhkan rasa solidaritas sesama generasi bangsa.

"Tetap kompak dan semoga adik adik yang mengikuti kegiatan ini bisa sampai dengan selamat dan kembali juga dengan selamat. Mudah mudahan bisa mendapatkan pelajaran dari kegiatan ini. Tetap jaga diri dan jaga kesehatan. Jalankan kegiatan dengan sebaik-baiknya, dan semoga bisa berguna untuk dimasa yang akan datang"pungkas Kapolda NTT.

Untuk diketahui Pertikara Nasional Tahun 2022 diselenggarakan mulai tanggal 13 sampai dengan 18 November 2022 dengan dasar Petunjuk Pelaksanaannya adalah Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 4 Tahun 2022.

Perkemahan ini diselenggarakan lima tahun sekali. Pertikara Nasional tahun 2022 ini merupakan yang keempat kalinya sejak pertama kali diselenggarakan dengan tujuan sebagai wadah pendidikan bagi anggota Saka Bhayangkara untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan semangat persatuan dan kesatuan.

Pertikaranas IV Tahun 2022 diikuti oleh perutusan Saka Bhayangkara dari masing-masing kwartir daerah di Indonesia dengan ketentuan masing-masing daerah mengirimkan 2 umpi putra dan 2 umpi putri.

Diperkirakan ada lebih dari 1.500 peserta, anggota Saka Bhayangkara perutusan kwartir daerah dan juga peserta khusus dari perwakilan kwartir cabang se-Sumatera Selatan.

Ada 8 jenis kegiatan yang diselenggarakan pada perhelatan Pertikaranas tahun 2022. Yaitu, Kegiatan Umum, Khusus, Bakti, Krida, Wisata, Wawasan, Keterampilan Kepramukaan, serta Festival.