Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum. Apresiasi Pilkada Serentak 2020 Berlangsung Aman, Lancar dan Tertib

Pilkada 2020

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum. Apresiasi Pilkada Serentak 2020 Berlangsung Aman, Lancar dan Tertib

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum.  memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat NTT, baik pemerintah daerah NTT, TNI, tokoh masyarakat termasuk pihak penyelenggara yang telah berpartisipasi mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 9 Kabupaten sehingga berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Hal tersebut disampaikan Kapolda NTT pada Rabu (9/12/2020).

Jenderal bintang dua ini mengatakan bahwa pilkada di 9 kabupaten provinsi NTT yakni Kabupaten TTU, Belu, Malaka, Sumba Timur, Sumba Barat, Sabu, Manggarai, Manggarai Barat, dan Ngada situasinya kondusif mulai dari tahap pencoblosan dan penghitungan di TPS berlangsung aman.

"Kami apresiasi pemerintah daerah NTT, TNI, tokoh masyarakat termasuk pihak penyelenggara yang telah berpartisipasi mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 9 Kabupaten sehingga berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Situasi ini kita pertahankan sampai selesai tahapan pilkada" ujar Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum.

Kapolda NTT mengatakan bahwa Pilkada tahun ini masih dalam Pandemi covid 19, untuk itu diharapkan setiap tahapan pelaksanaannya sesuai aturan yang berlaku dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Kita akan selalu suport sepenuhnya KPU dan Bawaslu supaya bisa bekerja dengan baik sehingga bisa menciptakan Pilkada yang baik dan aman", tegasnya.

Kapolda NTT juga berharap semua stakeholder tetap bersinergi mengutamakan koordinasi sehingga tercipta Pilkada yang aman dan sehat.

"Agar semuanya berkoodinasi dengan baik dan bekerja sama dengan baik sehingga bisa menciptakan Pilkada yang aman dan sehat. Yang paling penting juga agar selalu menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 di setiap tahapan Pilkada serentak tahun 2020", harapnya.

Sampai saat ini, Polda NTT belum menerima adanya insiden yang menonjol dari proses pencoblosan di 9 Kabupaten.

Kapolda NTT berharap agar kondisi damai seperti ini bisa terus terjaga. Masyarakat NTT termasuk para calon dan tim sukses juga harus siap menerima segala macam hasil keputusan yang ada karena pemilu adalah bagian dari demokrasi.

"Kami imbau kepada Paslon yang terpilih agar selalu mengikuti protokol kesehatan, tidak melakukan arak-arakan dan pengumpulan massa. Bagi paslon yang belum terpilih, jika merasa tidak puas silahkan menggunakan jalur hukum" imbau Kapolda NTT.

Orang nomor satu di Polda NTT ini juga mengingatkan kepada paslon yang belum terpilih agar tidak mengorbankan persatuan dan kerukunan antar masyarakat apalagi sampai merusak atau berbuat anarkis di tengah sutuasi pandemi covid 19 saat ini.

"Segala bentuk tindakan anarkis, akan kami tindak tegas sesuai aturan yang berlaku" pungkas Kapolda NTT.