Kapolda NTT Ingatkan Pemerintah Daerah Sabu Raijua untuk Lindungi Lahan Pertanian

Kapolda NTT Ingatkan Pemerintah Daerah Sabu Raijua untuk Lindungi Lahan Pertanian

.Tribratanewsntt.com - Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Johni Asadoma, M.Hum., telah mengeluarkan permintaan tegas kepada pemerintah daerah Kabupaten Sabu Raijua untuk tidak memberikan izin alih fungsi lahan pertanian dalam bentuk apapun.

Pandangan ini disampaikan Kapolda NTT dalam sebuah dialog bersama Forkompinda, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di Aula Pemda Sabu Raijua dalam kunjungan kerjanya di kabupaten tersebut, Jumat 15 September 2023.

Dialog tersebut dihadiri oleh pejabat penting, termasuk Bupati Sabu Raijua, Ketua DPRD Sabu Raijua, Kapolres Sabu Raijua, Wakil Bupati Sabu Raijua, Sekda Sabu Raijua, dan para tokoh masyarakat, agama, dan adat setempat.

Kapolda menekankan bahwa lahan pertanian adalah aset penting yang harus dijaga agar tidak dialihfungsikan untuk pembangunan industri.

Ia memberikan contoh dari pengalaman di daerah Karawang, yang dulunya menjadi penghasil beras utama untuk Indonesia. Namun, ketika lahan pertanian dialihfungsikan menjadi pabrik dan gudang, Indonesia harus mengimpor beras dari luar.

Oleh karena itu, Kapolda berpendapat bahwa Sabu Raijua harus menjaga lahan pertaniannya agar tetap berfungsi, terutama dalam menghadapi potensi krisis pangan di masa depan.

Ia berharap agar Pemerintah Daerah dan Polres Sabu Raijua terus membangun sinergi untuk mendukung program-program yang berkontribusi pada kesejahteraan rakyat.

Selain itu, Kapolda juga mendorong pengembangan sektor pariwisata di Sabu Raijua sebagai potensi besar untuk kesejahteraan masyarakat.

Dia mencatat banyak daya tarik wisata di daerah ini, termasuk Destinasi wisata Kelaba Maja.

Dalam era digital saat ini, Kapolda juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dan media digital untuk mempromosikan destinasi pariwisata mereka.

Dalam menyikapi tantangan yang dihadapi dalam membangun sektor pariwisata, Kapolda menegaskan bahwa kerja keras dan kerjasama antara masyarakat, pemerintah, dan stakeholder lainnya akan mempermudah mengatasi berbagai hambatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Sabu Raijua, Yohanis Uly Kale, menyampaikan apresiasi atas kunjungan Kapolda NTT ke daerah mereka.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atas pembentukan Polres Sabu Raijua, yang diharapkan dapat membantu memperbaiki administrasi dan menjaga ketertiban di daerah tersebut.