Jalin Kerja Sama Dalam Menjaga Kamtibmas, Kapolda NTT Silaturahmi Dengan Rektor Undana Kupang

Jalin Kerja Sama Dalam Menjaga Kamtibmas, Kapolda NTT Silaturahmi Dengan Rektor Undana Kupang
Jalin Kerja Sama Dalam Menjaga Kamtibmas, Kapolda NTT Silaturahmi Dengan Rektor Undana Kupang
Jalin Kerja Sama Dalam Menjaga Kamtibmas, Kapolda NTT Silaturahmi Dengan Rektor Undana Kupang

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., Bersama para pejabat Utama Polda melakukan kunjungan silaturahmi dengan Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang Prof. Fredrik L. Benu, Ph.D., di Kampus Undana Kupang, Penfui, Kota Kupang, Selasa (20/10/2020) pagi.

Tiba di Kampus Undana Kupang, Kapolda NTT didampingi oleh PJU Polda NTT yang terdiri dari Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Riyadi Nugroho, S.I.K., Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol. Drs. Taufiq Tri Atmojo, Dirlantas Polda NTT Kombes Pol. Iroth Laurens Ricky, S.I.K., Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Jo Bangun, S.Sos, S.I.K., Dirtahti Polda NTT AKBP Drs. Dominicus S. Yempormasi dan Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana Panuntung Tarung Binti, S.I.K., disambut dengan pengaluang selendang oleh Rektor Undana dan selanjutnya dipersilahkan masuk menuju Ruang Rektorat.

Turut mendampingi Rektor Undana Kupang, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. drh. Maxs Urias E. Sanam, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Drs. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Rektor Bidang Kerja Sama Ir. I Wayan Mudita, M.Sc.,Ph.D., Direktur Pascasarjana Undana, Prof. Drs. Mangadas Lumban Gaol, M.Si., Ph.D., dan Dekan Fakultas Hukum Undana Dr. Reny Masu, S.H., M.H.

Kedatangan Kapolda NTT ini bertujuan untuk membangun sinergi dan visi bersama, karena kampus / Universitas merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter dan pembangunan bangsa dalam halnya menjaga kondisi Harkamtibmas di Wilayah Hukum Polda NTT agar tetap kondusif.

Dalam pertemuan itu, Kapolda NTT menyampaikan sebagai pejabat baru di NTT untuk saling mengenal dan menjalin sinergitas dalam menjaga Harkamtibmas. Ia juga membutuhkan banyak saran dan masukan dari berbagai komponen masyarakat dan seluruh Stakeholder termasuk institusi perguruan tinggi, sehingga penegakkan hukum dan fungsi pelayanan Kepolisian di daerah ini dapat berjalan maksimal.

Ia berharap kerja sama Polri khususnya Polda NTT dan Kampus harus terus ditingkatkan karena Kampus menjadi mitra yang strategis dalam mengelola situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

"Kami akan terus melakukan silaturahmi untuk menjaga situasi kamtibmas termasuk peran kampus menjadi sangat penting dalam mengelola Sumber Daya Manusia dan mampu berkompetensi dan menjadi manusia yang berkualitas di tengah tengah masyarakat", ucap Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

"Saya mengajak Rektor bersama Civitas Akademika Undana untuk bersama sama Polri menjaga dan merawat kondisi kamtibmas agar tetap kondusif", ajaknya.

Kapolda NTT juga menyampaikan tiga hal yang menjadi konsen dan perhatian dari Polri di NTT yakni Pelaksanaan Pilkada Serentak di 9 Kabupaten di NTT yang saat ini memasuki masa masa kampanye, persoalan pandemi Covid-19 dan Kesiapan Provinsi NTT dimana pemerintah pusat yang mencanangkan Provinsi NTT sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas.

Kapolda NTT juga mengapresiasi keberadaan kampus kaitannya dengan banyaknya personel Polri yang kuliah di Universitas Undana baik program S1, S2 maupun S3.

Menyangkut Kejahatan Konvensional yang masih menjadi atensi dalam penanganan termasuk kejahatan terhadap perempuan dan anak, Kapolda NTT menjelaskan bahwa Polda NTT telah membuat terobosan kreatif dengan meluncurkan program Women Care Day beberapa waktu yang lalu dengan mengedepankan pelayanan SIM kepada kaum perempuan.

"Program Women Care Day merupakan terobosan kreatif Polda NTT sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi yang dialami oleh perempuan yang rentan terhadap tindak kejahatan", jelasnya.

"Semua program yang telah dilakukan sudah sangat baik ini merupakan gerakan moral dari Polri dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Serta Polri tetap mendukung saran dan kritikan yang membangun dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat", terangnya.

Di kesempatan yang sama, Rektor Undana Kupang menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan silaturahmi Kapolda NTT bersama rombongan
di Universitas Nusa Cendana Kupang dan Universitas menaruh kepercayaan yang tinggi kepada Polda NTT baik dalam bidang SDM maupun program kerja sama dalam bidang lainnya termasuk program pelatihan anggota Polri yang memasuki masa pensiun dengan melakukan pelatihan keterampilan seperti Pertenakan dan Pertanian.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Kapolda NTT dan Jajaran selama ini yang telah mengelola situasi kamtibmas di NTT tetap kondusif, terutama selama masa Pandemi Covid-19", ucap Rektor Undana Kupang.

"Kami mendukung upaya dan langkah langkah Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk dalam upaya penegakan hukum", tutupnya.

Pertemuan ini diakhiri dengan foto bersama dan bertukar cinderamata antara Kapolda NTT dan Rektor Undana Kupang berupa Plakat sebagai wujud tali silaturahmi dan keakraban antara Kepolisian dan pihak kampus