Dinas Ketahanan Pangan Sosialisasikan KRPL kepada Seluruh Bhabinkamtibmas Polres Ngada

Dinas Ketahanan Pangan Sosialisasikan KRPL kepada Seluruh Bhabinkamtibmas Polres Ngada

Tribratanewsntt.com – Salah satu peran Bhabinkamtibmas adalah melaksanakan pendidikan dan pelatihan serta penyuluhan kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan kegiatan-kegiatan yang positif sesuai pasal 26 Perkap No. 3 Tahun 2015. Oleh karena itu, setiap anggota Bhabinkamtibmas harus mempunyai bekal agar bisa terjun langsung ke masyarakat desa binaanya.

Hal itu dijelaskan KBO Sat Binmas Polres Ngada Aipda Vinsensius Wea kepada Humas Polres Ngada, disaat kegiatan sosialisasi dari Dinas Ketahanan Pangan Kab. Ngada.

Rabu, (25/10/17) pukul 11.00 Wita, Seluruh Bhabinkamtibmas Polres Ngada Maupun Polsek Jajaran mendapat kunjungan dari Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Ngada, untuk mensosialisasikan pemanfaatan pekarangan dengan konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di aula kantor lurah Kisanata kecamatan Bajawa kabupaten Ngada, yang akan dijelaskan Kabid PPKP Ir. Samuel L Kebang.

“Pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dalam suatu kawasan adalah untuk pemenuhan kebutuhan pangan gizi keluarga, peningkatan pendapatan keluarga dan meningkatkan kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat kelompok wanita tani (KWT) dengan budidaya tanaman, ternak unggas dan ikan air tawar,” Jelas Samuel.

“Peran Bhabinkamtibmas sangat penting membimbing kelompok masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan ini, seperti melakukan identifikasi potensi desa, membantu kelompok masyarakat untuk membuat dan mengelola KRPL, memberikan informasi dan memotifasi masyarakat untuk memanfaatkan dana desa, mengawal keamanan pangan, melakukan kunjungan dan pertemuan dengan kelompok masyarakat, mengawal pengelolaan dana desa untuk ketahanan pangan dan menyelesaikan perselisihan antar warga di desa binaanya,” tambahnya.

Kabid PPKP juga menjelaskan, tujuan dari Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), prinsip KRPL, tujuan dan manfaat hingga pembiayaan kegiatan masyarakat untuk membangun kawasan rumah pangan lestari.*

(SD/12).