Cegah TPPO Melalui Pelabuhan, Polsek Pantai Baru Perketat Keluar Masuk Penumpang

Cegah TPPO Melalui Pelabuhan, Polsek Pantai Baru Perketat Keluar Masuk Penumpang

Tribratanewsntt.com,- Untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta kelancaran aktivitas penyeberangan, personel Polsek Pantai Baru selalu berupaya meningkatkan kegiatan pengamanan dan pengaturan terhadap calon penumpang kapal Ferry di Dermaga Pelabuhan ASDP Pantai Baru, Kecamatan Pantai Baru.

Menyusul adanya status Darurat TPPO (Tindak Pidana Perdangan Orang) di NTT, Polsek Pantai Baru memperketat keluar masuknya penumpang yang masuk lewat pelabuhan, Kamis (08/06/2023).

Kapolsek Pantai Baru IPDA I Wayan Suyadnya mengatakan kegiatan pengamanan ini sudah rutin dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk memastikan keamanan, ketertiban dan kenyamanan para penumpang kapal Ferry pada saat berlangsungnya penaikkan dan penurunan penumpang.

“Kegiatan pengamanan ini sudah menjadi rutinitas kita setiap harinya baik saat penumpang turun ataupun saat penumpang naik, namun saat ini dengan adanya status darurat TPPO khusus untuk penumpang naik kami perketat, kami cek keperluan apa meninggalkan Pulau Rote”, jelas Kapolsek.

Selain mengecek keperluan dan kebutuhan para penumpang sebelum meninggalkan Rote, personel Polsek Pantai Baru juga memberikan imbauan kepada penumpang yang akan naik dan masyarakat di sekitar terminal penumpang tentang bahaya perdagangan orang melalui sosialisasi serta penempelan poster di beberapa titik areal pelabuhan.

Kapolsek juga menjelaskan bahwa untuk terlaksanakanya tujuan pencegahan perdangan orang, pihak Polsek bekerjasama dengan Satuan Polair Polres Rote Ndao dan instansi terkait.

“Kita ingin semuanya lancar, baik kegiatan pengamanan maupun kegiatan pencegahan TPPO, untuk itu kita berkolaborasi dengan Sat Polair, ASDP Pantai Baru dan instansi terkait untuk memaksimalkan sumber daya yang ada,” tutup Kapolsek.