Beri Kuliah Umum di Universitas Nusa Nipa Indonesia, Kapolda NTT Harap Mahasiswa Menampilkan Perilaku Yang Baik dan Patuh Hukum

Beri Kuliah Umum di Universitas Nusa Nipa Indonesia, Kapolda NTT Harap Mahasiswa Menampilkan Perilaku Yang Baik dan Patuh Hukum

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., memberikan Kuliah Umum kepada mahasiswa Universitas Nusa Nipa Indonesia di Jalan Kesehatan No. 3, Kelurahan Beru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Rabu (16/11/2022).

Hadir mendampingi Kapolda NTT, Irwasda Kombes Pol Zulkifli, S.S.TmK., S.H., M.M., dan sejumlah Pejabat Utama Polda NTT diantaranya Karorena Polda NTT Kombes Pol. R. Dadik Junaedi Supri Hartono, S.H., Dirintelkam Poda NTT Kombes Pol. Jan Wynand Imanuel Makatita, S.I.K., Dirreskrimsus Polda NTT Kombes Pol. Patar M. Yoris Maulana Y. Marzuki, S.I.K., dan Ibu Poppy Yoris, Dirpolairud Polda NTT Kombes Pol. Nyoman Budiarja, S.I.K., M.Si., Dansat Brimob Polda NTT Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli, S.I.K., Kapolres Sikka AKBP Nelson F.D. Quintas, S.I.K.

Tiba di Universitas Nusa Nipa Indonesia, Kapolda NTT disambut dengan pengalungan kain adat khas NTT oleh Rektor Universitas Nusa Nipa Indonesia Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si., didampingi Ketua Yayasan Universitas Nusa Nipa Indonesia Drs. Sabinus Nabudan Para Dosen, Pegawai dan Mahasiswa. Serta dilanjutkan dengan Tarian Wonderland dan Lagu Nusantaraku.

Dalam sambutan dari Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si., menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Kapolda NTT ke Universitas Nusa Nipa Indonesia dan memberikan kuliah umum bagi mahasiswa.

"Kiranya kami mendapatkan pengetahuan yang baru bagi kami semua disini, melalui acara kuliah umum bersama bapak Kapolda NTT", ucap Rektor Universitas Nusa Nipa Indonesia.

"Diketahui bahwa kami pihak Universitas Nusa Nipa selalu bekerja sama dengan Pihak Polres Sikka dalam kegiatan pembinaan serta penyuluhan", tambahnya.

Sementara dalam sambutan, Kapolda NTT menyampaikan Biografi Pribadi sampai dengan menjadi Penjabat Sebagai Kapolda NTT. Dan Memperkenalkan Para Penjabat Utama Polda NTT Sesuai dengan Tugas dan Fungsinya Masing - Masing.

"Kita Patut bersyukur Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas Rahmat dan Lindungannya kita semua bisa dapat hadir bersama ditempat ini. Saya sebagai Kapolda NTT sebagai Pribadi bisa menjadi Kapolda itu melalui perjalanan dan Proses yg sangat panjang harus dengan disiplin dan tekat yang tinggi, dengan kerja keras serta belajar keras tidak lupa juga dengan doa yang kuat dan keras karna tanpa izin dan perkenaan Tuhan tidak mungkin sampai saat ini", ungkapnya.

Kapolda NTT juga memberikan motivasi kepada mahasiswa Universitas Nusa Nipa untuk selalu berprilaku baik dan taat hukum

"Kalian inilah yang akan menjadi harapan masa depan bangsa ini dan juga bisa menjadi warna yang positif bagi kota Maumere, Sikka Provinsi NTT dengan menampilkan perilaku yang baik serta patuh hukum", harapnya.

Selanjutnya Kapolda NTT juga menyampaikan materi tentang Pembangunan Nasional yang mana
Pembangunan nasional adalah upaya bagi sebuah negara dapat memakmurkan kehidupan bangsa dan negaranya. Tujuan pembangunan nasional Indonesia termaksud dalam UUD 1945 alinea keempat.

"Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial", terangnya.

Dalam kesempatan itu juga, Jenderal Bintang dua asal Alor ini juga menjelaskan tentang VISI Presiden Republik Indonesia tentang. "Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berdasarkan Gotong Royong".

Mengenai peran Polri dalam mendukung Pembangunan Nasional, Kapolda juga menjelaskan bahwa Polri itu mendukung dalam Menciptakan keamanan dan ketertiban, Pemulihan Ekonomi Nasional, Mengawal dan memastikan investasi baik PMDN dan PMA berjalan tanpa gangguan, Penanggulangan Covid-19, Menjaga Stabilitas Politik, Mendukung dan mengamankan program-program kerja pemerintah daerah dan Menjamin dan mendukung persatuan dan kesatuan bangsa dengan membangun sinergitas dengan TNI dan seluruh komponen bangsa.

Selain itu, Kapolda juga menjelaskan Tugas Pokok Polri Pada PASAL 30 AYAT 4 UUD 1945 Kepolisian Negara Republik Indonesia yang mana sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum. Kemudian Pasal 13 UU RI NO. 2 TAHUN 2002 Tentang Kepolisian Negara Republk Indonesia.

" Tugas pokok Kepolisian Negara Republik lndonesia adalah Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Menegakkan hukum dan Memberikan perlindungan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat", jelasnya.

Diakhir arahannya, Kapolda Juga menjelaskan tentang Misi Presiden Republik Indonesia yaitu Peningkatan kualitas manusia Indonesia. Struktur ekonomi yang produktif, merata, dan berdaya saing. Pembangunan yang merata dan berkeadilan. Mencapai lingkungan hidup yang berkelanjutan. Kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa. Penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya.Perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga. Pengelolaan pemerintah yang bersih, efektif, dan terpercaya. Serta Sinergi pemerintah daerah dalam kerangka negara kesatuan.

Kegiatan diakhiri dengan pertukaran cinderamata dari Kapolda NTT dan Rektor Universitas Nusa Nipa Indonesia dengan penuh keakraban.