Aksi Kemanusiaan Lima Anggota SIP yang Sembuh Covid 19, Donorkan Plasma Darahnya Bantu Masrayakat NTT

Aksi Kemanusiaan

Aksi Kemanusiaan Lima Anggota SIP yang Sembuh Covid 19, Donorkan Plasma Darahnya Bantu Masrayakat NTT

Tribratanewsntt.com,- Lima orang pasien Covid 19 yang telah dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu, hari ini dengan sukarela mendonorkan plasma darah, Selasa (19/5/20).

Donor plasma dilakukan di unit donor darah PMI NTT dan masing-masing menyumbangkan satu kantong darah.

Kelima pendonor plasma ini merupakan calon perwira Polri yang merupakan peserta pendidikan Setukpa SIP Polri angkatan 49 tahun 2020.

Donor yang dilakukan merupakan donor plasma konvalesen dari mantan combatan Covid-19.

Kepala PMI NTT, dr Samson Ehe Teron disela-sela kegiatan ini mengatakan kalau kelima pasien ini sudah sembuh.

"Pengambilan plasma untuk membantu pengobatan covid-19 dengan harapan  plasma mereka kaya anti body sehingga (pasien) yang kritis covid-19 bisa didonor untuk mengikat virus," tandasnya.

Sementara dikesempatan yang sama Kepala rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Polda NTT, Kompol dr. Herry Purwanto mengakui kalau kelima anggota polisi ini merupakan pioneer donor plasma untuk NTT atas prakarsa Kepala rumah sakit Bhayangkara Polda NTT.

Disebutkan pasca keluar dari rumah sakit setelah dinyatakan sembuh, pasien menjalani masa penyembuhan dan pihaknya melakukan sosialisasi soal terapi plasma mantan pasien covid. 

"Ini merupakan kegiatan langka dan para pasien sembuh covid-19 sepakat untuk siap melakukan donor plasma dan kita fasilitasi tanpa ada paksaan tetapi sebagai kerelaan," tandasnya.

Anti body kelima pasien ini masih bagus sehingga tidak perlu menunggu lama untuk melakukan donor plasma.

Pihaknya mengapresiasi niat tulus dan kerelaan pasien untuk melakukan donor plasma karena menjadi sejarah baru.

Proses selanjutnya, plasma yang sudah didonorkan disimpan dan akan dimanfaatkan jika ada yang membutuhkan.

Salah seorang pendonor plasma mengakui kalau niat untuk mendonorkan plasma sudah ada sejak awal. 

"Saya dan rekan yang lain bertekad jika sembuh akan berbuat sesuatu untuk kesembuhan rekan yang lain dan kami wujudkan dalam bentuk donor plasma. Semoga bermanfaat," ujar salah satu anggota Sat Brimob Polda NTT yang sedang menjalani pendidikan Perwira ini.

Ia menyarankan agar pasien covid-19 tidak minder dan harus memiliki tekad untuk sembuh dengan mengikuti anjuran kesehatan.

Sebelum melakukan donor plasma, para pasien sembuh covid-19 ini mengisi formulir dan menjalani pemeriksaan awal termasuk suhu tubuh dilanjutkan dengan pengambilan sampel darah.