500 Orang Casis Dinyatakan Lulus Seleksi Penerimaan Polri Tahun 2023

500 Orang Casis Dinyatakan Lulus Seleksi Penerimaan Polri Tahun 2023

Tribratanewsntt.com,- Sebanyak 500 orang peserta seleksi penerimaan Bintara Polri dinyatakan lulus seleksi dan berhak mengikuti pendidikan Bintara Polri.
Meningkatnya jumlah bintara yang diterima ini merupakan buah perjuangan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, M.Hum.

"Kapolda NTT ajukan surat ke Kapolri minta tambahan quota. Terbukti quota kita bertambah hingga sebanyak ini," ujar Wakapolda NTT, Brigjen Pol Drs Heri Sulistianto saat memimpin sidang akhir kelulusan Bintara Polri Panitia Daerah (Panda) Polda NTT, Rabu (19/7/2023) di aula Universitas Muhammadyah Kupang.

Pengumuman ini baru terlaksana setelah beberapa kali ditunda.
"Kita dapat tambahan quota yang cukup signifikan," tandas Wakapolda NTT. 
Wakapolda menyebutkan kalau semua peserta memenuhi syarat tapi dibatasi quota.
Bagi mereka yang lulus tidak terpilih disarankan untuk tetap belajar dan berlatih. "latihan lagi jika ingin ikut (seleksi) lagi tahun depan," ujar Wakapolda.

Wakapolda menegaskan kalau peserta yang lulus tidak terpilih tidak perlu kecewa berlebihan dan yang lulus terpilih agar tidak euforia.

"Anda tidak kalah tapi terikat dengan quota," tegas jenderal bintang satu ini.
Wakapolda juga menegaskan kalau proses seleksi juga dilakukan secara transparan dan ada pengawas dari internal maupun eksternal.

Wakapolda minta agar panitia dan pengawas tetap menjaga integritas karena proses seleksi dilakukan tanpa pungutan.
"Masuk Polri tidak dipungut biaya. Kalau ada (pungutan) maka laporkan," tegas mantan Kapolresta Kupang Kota ini.

Pendidikan Bintara Polri ini akan dibagi dalam dua gelombang masing-masing gelombang II TA 2023 yang dimulai pada tanggal 25 Juli 2023 dan gelombang I TA 2024 yang dimulai pada bulan Februari 2024.
500 orang ini terdiri dari 30 orang bintara Polwan dan 470 orang untuk siswa bintara laki-laki.

Dari 500 orang ini terdapat 81 orang masing-masing 74 orang pria dan 7 orang wanita yang merupakan bintara jalur penerimaan Rekrutmen Proaktif (Rekpro).

Mereka sudah direkrut sejak akhir tahun 2022 lalu dan selama ini mengikuti bimbingan, pendidikan dan latihan di Polres maupun di SPN Polda NTT.

Sementara 422 orang adalah siswa bintara yang lulus dalam seleksi Bintara gelombang II TA 2023.

Dalam paparannya saat sidang akhir kelulusan, Rabu (19/7/2023) malam di aula Universitas Muhammadyah Kupang, Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT, AKBP Sajimin, SIK MH menyebutkan kalau ada 30 orang bintara Brimob, 25 orang Polwan, 3 orang Polair dan 364 orang bintara Polisi Tugas Umum (PTU).

25 orang calon Polwan yang lulus terpilih terdiri dari satu orang bintara kompetensi khusus (Bakomsus) tenaga kesehatan (Nakes), dua orang penghargaan dan 22 orang jalur reguler.

"Ada 11 orang yang lulus quota khusus terrdiri dari 2 orang Polwan, satu orang Brimob dan 8 orang bintara PTU," ujar Kabag Dalpers.

Proses memilih 364 orang ini dilakukan dengan perangkingan per Polres sehingga calon bintara ini terwakili dari 21 Polres.
Polres Alor  sebanyak 15 orang, Belu  22 orang, Ende  36 orang, Flores Timur  10 orang, Kupang  13 orang, Lembata  7 orang, Malaka 6 orang.

Manggarai 5 orang, Manggarai Barat  11 orang, Manggarai Timur 7 orang, Nagekeo  12 orang, Ngada  22 orang, Rote Ndao 23 orang.

Sabu Raijua 4 orang, Sikka  15 orang, Sumba Barat  15 orang, Sumba Barat Daya 12 orang,  Sumba Timur  11 orang, Timor Tengah Selatan (TTS)  13 orang, Timor Tengah Utara (TTU) 19 orang dan Kota Kupang 86 orang.

Para calon bintara ini akan mengikuti pendidikan di SPN Polda NTT bagi bintara PTU, Pusdik Brimob bagi bintara Brimob, Pusdik Polair bagi bintara Polair dan Sepolwan Jakarta bagi Bintara Polwan.

Masing-masing calon bintara peserta pendidikan gelombang II TA 2023 akan masuk lembaga pendidikan pada 23 Juli 2023 dan pembukaan pendidikan pada 25 Juli 2023 dengan lama pendidikan lima bulan.