Wakapolda NTT Cek Pelaksanaan Seleksi Psikologi Catar Akpol T.A 2024 : Menegakkan Prinsip Transparansi dan Kehumanisan

Wakapolda NTT Cek Pelaksanaan Seleksi Psikologi Catar Akpol T.A 2024 : Menegakkan Prinsip Transparansi dan Kehumanisan

Tribratanewsntt.com - Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., melakukan pengecekan dan pengawasan langsung terhadap pelaksanaan tes Psikologi seleksi penerimaan terpadu Taruna/i Akpol T.A 2024 pada Rabu (8/5/2024) pagi.

Kegiatan pengecekan ini berlangsung di SMKN 3 Kota Kupang dan disambut oleh Karo SDM Polda NTT, Dirpolairud Polda NTT, Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT dan Kabag Psiko Biro SDM Polda NTT.

Wakapolda turut memantau jalannya tes dan berinteraksi dengan peserta untuk mengetahui kesiapan mereka dalam mengikuti proses tes psikologi. Pesan dari Wakapolda kepada peserta adalah untuk mengikuti proses seleksi dengan sungguh-sungguh, percaya pada kemampuan diri sendiri, serta terus belajar dan berlatih.

"Hari ini sesuai dengan jadwalnya panitia menyelenggarakan ujian Psikologi Seleksi Penerimaan Taruna/i Akpol. Kunjungan saya ke sini untuk memastikan semua berjalan dengan lancar, tidak ada kecurangan, serta diikuti dengan baik oleh seluruh peserta", terang Wakapolda NTT.

"Silakan mengerjakan tes dengan sungguh-sungguh dan semangat, untuk panitia agar melaksanakan tugas sesuai ketentuan", tegasnya.

Pelaksanaan seleksi ini mengikuti prinsip-prinsip (Betah): Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis, yang diawasi oleh pengawas internal dan eksternal.

Diketahui, Proses tes psikologi dilakukan melalui sistem CAT dan pola one day one service. Hasil tes langsung diketahui oleh peserta melalui sistem komputerisasi.

Seluruh rangkaian tes diawasi oleh pengawas internal dari Itwasda dan Bidpropam Polda NTT, serta pengawas eksternal dari Himpunan Sarjana Psikologi Indonesia (HIMPSI) NTT dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang.

Sebanyak 67 calon Taruna Akpol mengikuti seleksi Psikologi, dengan rincian 62 laki-laki (Taruna) dan lima wanita (Taruni).