Tinjau Vaksinasi Serentak Indonesia di TTS, Kapolda NTT Berharap Saat Nataru Capaian Vaksin Sudah Mencapai 70 Persen

Tinjau Vaksinasi Serentak Indonesia di TTS, Kapolda NTT Berharap Saat Nataru Capaian Vaksin  Sudah Mencapai 70 Persen
Tinjau Vaksinasi Serentak Indonesia di TTS, Kapolda NTT Berharap Saat Nataru Capaian Vaksin  Sudah Mencapai 70 Persen

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi serentak Indonesia di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Sabtu (27/11/2021).

Vaksinasi yang digelar di Mapolres TTS ini menargetkan sebanyak 1500 orang warga TTS baik dosis pertama maupun dosis kedua dengan sasaran masyarakat umum termasuk lansia dan anak-anak usia 12 hingga 17 tahun.

Kegiatan Vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac, Astrazeneca, Coronavac dan Pfizer tersebut juga dilaksanakan serentak di Indonesia ini juga dipantau langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si secara virtual.

Tidak hanya meninjau, dalam kesempatan tersebut Kapolda NTT juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih khususnya kepada para tenaga kesehatan maupun vaksinator yang telah berjuang tiada henti dalam menangani Covid-19. Selain itu, Kapolda NTT juga mengingatkan warga masyarakat untuk tetap patuh protokol kesehatan meskipun telah memperoleh vaksin.

Tampak hadir mendampingi Kapolda NTT pada kegiatan ini, Kapolres TTS AKBP Andre Librian, S.I.K, Kasdim 1621/Soe Mayor Inf. Haryono, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten TTS Yusuf Soru, serta sejumlah Pejabat Utama Polda NTT.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTT juga memberikan bantuan paket semabako kepada warga TTS yang terdampak covid-19. Bantuan diserhakan kepada perwakilan warga di lokasi Vaksinasi.

Pada gelar Vaksinasi Serentak Indonesia kali ini, Gerai Vaksin Presisi Polres TTS yang melibatkan sedikitnya sembilan tim vakainator terdiri dari tiga tim dari Biddokkes Polda NTT dan masing-masing satu tim dari Poliklinik Polres TTS, Puskesmas Nulle, Puskesmas Tetaf, Puskesmas Fatumnutu, Puskesmas Noebeba dan Puskesmas Kota Soe. Dalam rangka percepatan dalam kegiatan ini pun diperkuat dengan vaksinasi mobile menggunakan mobil senyum siaga covid-19.

Kapolda NTT menyampaikan bahwa, pelaksanaan vaksinasi serentak ini sebagai upaya mendukung Pemerintah untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi Nasional agar segera mewujudkan kekebalan komunal dalam rangka mengendalikan penyebaran Covid-19. Termasuk di wilayah Kabupaten TTS, dimana target vaksinasi secara nasional diakhir tahun itu adalah 70 persen sesuai harapan Pemerintah.

"Dimana Posisi NTT baru mencapai 51 persen, sehingga kita mengakselerasi bersama teman-teman TNI kemudian dari Dinas Kesehatan dan kita berharap semua masyarakat ikut berpartisipasi", ujar Irjen Pol Drs.  Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dikatakannya, di wilayah NTT sendiri saat ini ada dua kabupaten yang sudah masuk dalam level satu, yakni Sumba Barat dan Kota Kupang, Sementara delapan kabupaten berada di level Dua dan 12 di level Tiga.

"Dari capaian vaksinasi yang tertinggi adalah Kota Kupang yang sudah mencapai 80 persen kemudian di Manggarai Barat 74 persen dan Sikka 66 persen, yang lainnya antara 60 dan ada yang paling rendah saat ini di beberapa kabupaten yaitu di Lembata, Flotim dan termasuk di TTS ini yang baru 41 persen", terang Kapolda NTT.

Kapolda NTT juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kapolres TTS dan seluruh Forkopimda TTS dan juga dari DPRD yang juga memberikan atensi bagi masyarakat untuk berpartisipasi mewujudkan capaian vaksinasi 70 persen.

"Mari kita terus bergerak proaktif supaya vaksinasi pertama capaiannya bisa mencapai 70 persen, khususnya juga dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru)", ajak Jenderal bintang dua tersebut.

"Kalau Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini, warga kita sudah 70 persen maka, kita akan lebih tenang untuk mencegah jangan samapai ada lonjakan yang tidak kita inginkan", harap orang nomor satu di Polda NTT tersebut", tandasnya.