Tarian Adat Woleka Sambut Kedatangan Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT di Mapolres Sumba Barat

Tarian Adat Woleka Sambut Kedatangan Kapolda dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT di Mapolres Sumba Barat

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., melakukan kunjungan ke wilayah Polres Sumba Barat, Minggu (18/12/2022) sore.

Tiba di Mapolres Sumba Barat sekitar 17.10 Wita setelah menempuh perjalanan darat dari Kabupaten Sumba Barat Daya, Kapolda NTT didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT disambut dengan tarian adat Woleka yang dibawakan oleh enam orang penari dan dua orang penabu gong (musik tarian).

Tari Woleka adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini merupakan tarian selamat datang atau penyambutan. Tari Woleka biasanya ditarikan oleh beberapa penari pria dan wanita dengan gerakan yang sangat khas.

Asal mula dari Tari Woleka ini masih belum diketahui secara pasti, namun menurut beberapa sumber yang ada mengatakan bahwa tarian ini awalnya ditampilkan untuk menyambut dan juga mengiringi para tamu penting atau seorang bangsawan yang datang ke sana.

Usai menerima tarian adat Sumba, Kapolda NTT bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT disambut dengan pengalungan Kain adat Sumba oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., dan Ketua Bhayangkari Cabang Sumba Barat Ny. Kadek Agung Wirata.

Kemudian dilanjutkan dengan Jajar Kehormatan oleh 1 regu Dalmas Satsamapta Polres Sumba Barat dan sapaan perkenalan oleh pejabat utama Polres dan Para Kapolsek Polres didampingi ibu Bhayangkari yang berbaris rapi hingga lobby Mapolres.​​​​

Sampai di lobby Mapolres, Kapolda NTT bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT disambut dengan pengalungan Kain adat oleh Forkopimda yang terdiri dari Bupati Sumba Barat Yohanes Dade, S.H., Wakil Bupati Sumba Barat Jon Lado Bora Kabba, S.Pd., Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S. K. Limu, Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa, dan Forkopimda Kabupaten Sumba Barat dan Forkopimda Kabupaten Sumba Sumba Tengah.

Kedatangan orang nomor satu Pold NTT di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat ini dalam rangka kunjungan kerja yang juga didampingi oleh Dirbinmas Kombes Pol. Drs. Taufiq Tri Atmojo dan Ibu Ny. Tita Taufiq, Kabid TIK Kombes Pol. I Made Rasma Jemy Karang, S.I.K., Pjs. Kabid Keu Kombes Pol. Robert Antoni Sormin, S.I.K., dan Auditor tk III Itwasda Kombes Pol. Taufik Irpan A., S.I.K., M.H., serta para pengurus Bhayangkari daerah NTT.

Selanjutnya, Kapolda NTT dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT akan melakukan serangkaian kegiatan yang sudah dijadwalkan.