Sukseskan KTT ASEAN di Labuan Bajo Mendatang, Kapolda NTT Pastikan Akan Berikan Pengamanan Super Perioritas

Sukseskan KTT ASEAN di Labuan Bajo Mendatang, Kapolda NTT Pastikan Akan Berikan Pengamanan Super Perioritas

Tribratanewsntt.com,- Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur saat ini sedang mempersiapkan pengamanan menjelang Asean Summit 2023 di Labuan Bajo.

Untuk memastikan situasi yang aman dan kondusif, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M. Hum meminta seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat, terkhususnya di Labuan Bajo, untuk berperan aktif dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang digelarnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean Summit 2023 di Labuan Bajo pada bulan Mei mendatang.

Dalam kunjungan kerjanya kesekian kalinya di Labuan Bajo guna mengecek kesiapan sejumlah lokasi yang akan digunakan dalam perhelatan KTT Asean Summit nanti, Kapolda NTT mengatakan dipilihnya Labuan Bajo oleh Presiden Joko Widodo sebagai tempat diselenggarakan kegiatan pertemuan yang akan melibatkan 11 kepala negara ASEAN ini merupakan berkah bagi masyarakat di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat.

“Dengan kondisi Labuan Bajo yang belum siap untuk selenggarakan KTT Asean, namun presiden telah menetapkan Labuan Bajo sebagai tuan rumah. Ini berkah bagi kita. Akan ada 11 Kepala Negara dan Sekjen negara Asean yang hadir, diperkirakan masing-masing kepala negara akan membawa rombongan kurang lebih 40-50 orang. kita harus jaga kondusifitas di Labuan Bajo ini. Kita harus berterimakasih kepada presiden bagaimana beliau membangun Tanah Mori itu secepat kilat dan luar biasa sekali, kita masyarakat harus menyambut dengan antusias” ungkap Kapolda NTT di Mapolres Mabar, Kamis (26/1/2023). 

Kapolda NTT juga menyampaikan, hingga saat ini, terus melakukan agenda pengecekan pada setiap lokasi yang akan menjadi titik kegiatan dari gelaran Asean Summit 2023 ini.

“Saat ini kita terus melakukan persiapan terutama menunggu arahan dari pusat. Hari ini juga kita akan mengadakan beberapa survey lokasi lagi sehingga memperlengkapi perencanaan operasi kita. Jadi sampai sekarang masih tahap penyusunan penyusunan terus,” bebernya.

Dalam upaya menyukseskan gelaran KTT Asean Summit nanti, Kapolda NTT memastikan pengamanan super prioritas akan diberikan kepada para kepala negara dan delegasi negara negara Asean saat konferensi tingkat tinggi ini nanti dilaksanakan.

“Sejauh ini keamanan kondusif, kita agenda memantau, kita memantau itu bukan hanya sekali tapi berkali kali, seperti rute ke Golo Mori setiap jengkal tanah itu kita amati dan observasi, kondisinya seperti apa, gangguannya seperti apa, dimana kendaraan itu harus lewat, kemudian dimana posisinya parkir, semuanya kita amati. Ini kepala negara, pengamanannya harus super prioritas, kita mendukung supaya gangguan hal – hal kecil tidak terjadi,” tutupnya.