Sigap Tangani Bencana Karhutla, Bripka Arry Ikut Latihan Simulasi Pemadam Kebakaran

Sigap Tangani Bencana Karhutla, Bripka Arry Ikut Latihan Simulasi Pemadam Kebakaran

Tribratanewsntt.com - Menyikapi potensi kebakaran hutan dan lahan di Kota Kupang, personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Bakunase II, Polsek Oebobo, Polres Kupang Kota Bripka Arry Manu ikut dalam kegiatan pelatihan simulasi pemadaman api.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang di halaman kantor Kelurahan Bakunase II, Kecamatan Oebobo, Senin (16/9/2019) kemarin.

Saat dikonfirmasi, Selasa (17/9/2019) pagi, Kapolsek Oebobo Kompol I Ketut Saba mengatakan bahwa pelatihan tersebut merupakan upaya pencegahan dari bencana kebakaran serta memadamkan api jika sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran.

Dalam kesempatan tersebut petugas pemadam kebakaran memberikan pengetahuan terkait awal mula percikan api yang merupakan proses oksidasi secara cepat, sehingga anggota Polri dan warga, harus mengetahui cara menangani kebakaran.

Ada dua metode pemadaman api, yang diberikan baik secara tradisional maupun modern. Penanganan kebakaran secara tradisional meliputi menggunakan karung, kain basah, pasir, sedangkan penanganan kebakaran secara modern meliputi Apar untuk pemadaman api kecil, mobil damkar serta Hidrant.

"Seluruh personel harus memiliki kemampuan untuk mengatasi musibah kebakaran yang terjadi. Dengan belajar pada ahlinya yang dalam hal ini petugas pemadam kebakaran Kota Kupang, dan saya berharap, para anggota nantinya dapat berkontribusi membantu masyarakat dan juga petugas pemadam kebakaran", ucap Kompol I Ketut Saba.

"Berbekal ilmu yang didapat dari pelatihan tersebut, ke depannya Polisi juga diharapkan bisa membantu petugas pemadam, dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang musibah kebakaran serta cara mengatasinya” pungkasnya. (G)