Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A. 2020, Polda NTT Gelar Penandatanganan Pakta Intergitas

Seleksi Penerimaan Terpadu Bintara Polri T.A. 2020, Polda NTT Gelar Penandatanganan Pakta Intergitas

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) menggelar Penandatanganan Pakta Integritas dan pengambilan sumpah Panitia, Orang tua/wali dan Peserta penerimaan terpadu Bintara Polri panda Polda NTT Tahun Anggaran 2020 yang dilakukan di aula Rupatama lantai III Mapolda NTT, Rabu (19/8/2020).

Sebanyak 3.692 orang terdiri dari 2.964 orang pria dan 728 orang wanita mengikuti seleksi penerimaan Bintara Polri tahun 2020 tingkat Polda NTT. Selain peserta ini, terdapat pula 165 orang peserta mengikuti seleksi bintara kompetensi khusus (Bakomsus).

Pada kesempatan itu, Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si., mengingatkan kalau proses seleksi dilakukan Polda NTT melalui panitia dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan Humanis (Betah).

Agar proses seleksi transparan dan bisa dipertanggungjawabkan, Polri telah membangun sistem seleksi secara terbuka dengan mengumumkan hasil secara terbuka.

Sistem seleksi dilakukan dengan one day service yakni peserta dan orang tua dapat mengetahui hasil seleksi pada hari itu juga sehingga memudahkan peserta dan orang tua.

Polri juga membuat aplikasi yang bisa diakses melalui android yakni aplikasi pusat informasi penerimaan (APIP) dan aplikasi clear and clean (CNC)  sehingga orang tua meskipun tidak menyaksikan langsung proses seleksi tetapi dapat mengetahui hasil yang diperoleh peserta.

Polda juga membangun kerjasama dengan berbagai pihak guna mewujudkan proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis dengan Pemprov NTT untuk pemeriksaan administrasi ijasah dan raport serta identitas peserta seperti KTP dan kartu keluarga.

Dibidang pengawasan, Polda NTT juga menggandeng ikatan dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) maupun Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang.

Dikatakan pula kalau proses penerimaan ini pun tanpa sponsor yang bisa meluluskan. Semua proses dan hasil yang ada berdasarkan hasil kemampuan sendiri para peserta karena setiap tahapan seleksi langsung diumumkan.

"Apabila ada kecurangan maka akan mudah diketahui karena terdeteksi melalui sistem WBS (Whistle Blowing Sistem) atau laporan penyimpangan. "Siapapun yang menawarkan kelulusan maka ada sistem WBS yang bisa mendeteksi," tegas Irwasda Polda NTT.

Panitia seleksi pun menjunjung tinggi aspek keterbukaan dan jika ada peserta yang membutuhkan penjelasan mengenai proses seleksi maka panitia terbuka untuk menjelaskan.

Peserta dan orang tua diingatkan agar melaporkan ke pengawas internal maupun eksternal jika ada penyimpangan.

Kepala Biro SDM Polda NTT Kombes Pol .Riyadi Nugroho, S.I.K., menegaskan kalau selama proses seleksi tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan covid-19.

Saat penandatanganan pakta integritas di lantai III Mapolda NTT, dibacakan ikrar dari panitia, perwakilan peserta serta perwakilan orang tua/wali. Pelaksanaan pakta integritas pun dilakukan secara daring dan jumlah undangan yang hadir dibatasi. Sementara peserta lain menyaksikan melalui layar monitor dari lapangan Polda NTT.