Secara Humanis Personil Ditsamapta Polda NTT Gugah Para Pemuda yang Sedang Nongkrong Patuhi Prokes 5M

Secara Humanis Personil Ditsamapta Polda NTT Gugah Para Pemuda yang Sedang Nongkrong Patuhi Prokes 5M

Tribratanewsntt.com - Personil Ditsamapta NTT rutin melaksanakan Kegiatan patroli pencegahan dan penangganan Protokol Kesehatan Covid -19 (5M) dan  melaksanakan kegiatan Rutin yaitu melaksanakan patroli dialogis, patroli mengantisipasi 3 C (Curat, Curas dan Curanmor), patroli premanisme serta patroli harkamtibmas.

Kali ini 44 personil terdiri dari 22 personil Raimas , 1 Personil Rantis dan 19 personil Bintara Remaja dipimpin oleh Danton Raimas A  Bripka Dicson H. Lay dan Danton Raimas B Aipda Imanuel Robby Kolis menggunakan 1 Unit R4 Raisa,1 Unit R4 Dimex Ditsamapta,1 Unit R4 Fort Raimas, 1 Unit R4 Sedan Lancer, 8 Unit R2 Raimas dan 10 Unit R2 Vixion menyasar sejumlah Ruang publik yang diduga terjadi kerumunan warga antara lain Mall / Pertokoan, Restauran, Warung makan / penjualan makanan pinggir jalan, Cafe, Terminal, Tempat hiburan malam, Pinggir pantai, Terminal, Tempat hajatan / pesta, Jalan protokol, Batas kota dan Penginapan / kos-kosan.

Adapun rute yang dilalui mulai dari Mako Ditsamapta Polda NTT- Oepura-Maulafa-Oebufu-Bundaran PU-Kelapa lima-Pasir Panjang-JalanFrans Seda-jalan Palapa dan kembali ke Mako Ditsamapta Polda NTT, Rabu (11/8/2021) malam.

Pada pelaksanaannya, tim patroli menyambangi warung makan di depan toko glory Jalan Jendral Soeharto Naikoten 1 untuk memberikan himbauan kepada pemilik warung untuk tidak menerima makan di tempat jika sudah lewat dari jam 20.00 malam sesuai prosedur PPKM yang sedang berlangsung di kota kupang.

Selanjutnya, tim patroli menyambangi pedagang kaki lima di Jalan W. J. Lalamentik, Oebufu dan penjual makanan di Jalan TDM 4, bundaran PU agar selalu menggunakan masker saat melayani pembeli dan tetap mentaati prokes covid 19 dengan menyediakan tempat cuci tangan bagi pembeli.

Selain itu, Tim patroli menyambangi para pemuda yang sedang nongkrong di pinggir jalan dan di depan pertokoan di TDM. Tim secara Humanis memberikan imbauan prokes kepada pemuda tersebut untuk mematuhi prokes dan petugas memberikan masker kepada pemuda tersebut yang kedapatan tidak menggunakan masker. Selanjutnya para pemuda diimbau jika tidak ada keperluan yang mendesak sebaiknya dirumah mengingat di Kota Kupang saat masih PPKM level IV.

Kemudian tim patroli mendapati adanya pemuda yang duduk nongkrong di Jalan Samratulangi sedang mengonsumsi miras sehingga petugas memberikan himbauan agar tidak mengonsumsi miras di tempat umum dan meminta untuk pulang ke rumah masing-masing.

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B., S.H., S.I.K., M.H., saat dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021) menjelaskan bahwa penyebaran covid-19 di Nusa Tenggara Timur khususnya di wilayah Kota Kupang semakin meningkat. Peningkatan ini terjadi karena masyarakat kurang peduli tentang pentingnya menjaga Kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.

"Perlu dilakukan kembali himbauan dan teguran tegas namun humanis kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta menghindari kerumunan, terutama berkembangnya varian baru, masyarakat diminta agar lebih memperketat protokol kesehatan", jelas Kabidhumas Polda NTT.

Kabidhumas juga sampaikan bahwa pihaknya tetap mengedepankan upaya persuasif dalam membubarkan kerumunan warga tersebut.

"Kami melakukan tindakan-tindakan kemanusiaan mengedepankan upaya persuasif dan humanis untuk menyampaikan kalimat-kalimat dan imbauan-imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat yang masih terlihat berkumpul guna menekan angka kenaikan Covid 19 saat ini", tandasnya.