POLRESTA KUPANG KOTA BERI PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 DI TEMPAT FASILITAS PUBLIK

POLRESTA KUPANG KOTA BERI PELAYANAN VAKSINASI COVID-19 DI TEMPAT FASILITAS PUBLIK

Klinik Polresta Kupang Kota kembali membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 di tempat fasilitas publik yang ada di Kota Kupang, dan hari ini Sabtu tanggal 17 September 2022 pukul 19.00 Wita s/d selesai. Pelayanan dilaksanakan di Taman Nostalgia, Alamat Jalan Frans Seda, Kelurahan Kelapa Lima, Kota Kupang. 

"Kegiatan vaksinasi ini kami laksanakan setiap malam minggu dan kami berpindah tempat di taman-taman yang ada di Kota Kupang, ujar IPTU Daud Bessie, A.Md.Kep selaku Kepala Seksi Kedokteran dan Kesehatan (Kasidokkes) Polresta Kupang Kota". Kami terus dorong masyarakat agar mengikuti vaksinasi dosis lengkap (dosis 1 dan 2) hingga dosis 3 (booster), karena terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang hingga 4-6 kali lipat, sehingga mampu mencegah risiko terburuk dari infeksi virus Covid-19. 

“Untuk yang belum booster saran saya terus dilanjutkan, karena itu memberikan proteksi yang baik untuk kita, sasaran yang di booster terbukti secara ilmiah kadar antibodinya jauh lebih tinggi dibandingkan yang belum di booster, ini penting untuk melindungi orang sekitar terutama keluarga kita yang sudah lansia,” tutup IPTU Daud. 

Untuk di ketahui bahwa masyarakat yang akan menerima vaksin Covid-19 dosis 1 diharapkan membawa fotocopy/asli KTP atau kartu keluarga (KK), sedangkan masyarakat yang menerima vaksin dosis 2 membawa kartu vaksin/sertifikat vaksin pertama. Untuk yang akan menerima vaksin dosis booster harus sudah minimal 3 bulan setelah mendapatkan vaksin dosis lengkap (dosis 1 dan 2). 

Adapun alur pelayanan vaksinasi yakni peserta terlebih dahulu mengisi form identitas diri, kemudian dilakukan pengukuran suhu tubuh dan pemeriksaan tekanan darah, lalu ke meja pendaftaran untuk di periksa identitas diri melalui Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga, dilakukan screening/pemeriksaan kesehatan singkat oleh dokter, setelah dinyatakan sehat dan layak untuk menerima vaksin kemudian peserta diberikan suntikan vaksinasi dan terakhir ke meja observasi untuk pemantauan KIPI (Kejadian ikutan pasca imunisasi) dengan waktu 15-30 menit. Setelah semua tahapan selesai dan tidak mengalami KIPI kemudian peserta di perbolehkan untuk pulang. 

Pelayanan Vaksinasi Covid-19 di Taman Nostalgia oleh tim vaksinasi yang terdiri dari tenaga kesehatan yakni Dokter, Perawat dan Bidan serta anggota Polri Polresta Kupang Kota dengan jumlah 10 (sepuluh) Orang, dan yang dipimpin oleh Kasidokkes Polresta Kupang Kota.