Polres Sikka Amankan Aksi Unjuk Rasa Damai GMNI di Sikka NTT

Polres Sikka Amankan Aksi Unjuk Rasa Damai GMNI di Sikka NTT

Tribratanewsntt.com ,- Jajaran Kepolisian Resor Sikka NTT melaksanakan kegiatan Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Damai dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cab. Sikka NTT yang berlokasi di Kantor Bupati Sikka, Jumat siang (24/2/2017).

Adapun personil yang terlibat pengamanan guna mengamankan jalannya aksi unjuk rasa damai GMNI tersebut, yakni personil dari Unit Dalmas Sat Sabhara Polres Sikka NTT yang dipimpin langsung oleh KBO Sat Sabhara Polres Sikka IPDA Urbanus Kopong.

Dalam aksinya, massa unjuk rasa menuntut agar pemerintah segera melakukan perubahan status PT. Freeport Indonesia dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 1 Tahun 2017. Dan rencananya perwakilan dari peserta aksi damai akan bertemu lagi dengan Pemerintah Kab. Sikka untuk meminta tanda tangan dari Bupati Sikka sebagai bentuk dukungan Pemda Kab. Sikka terhadap masalah PT. Freeport.

Untuk diketahui bahwa, para peserta aksi melakukan aksinya diawali dengan Long March dengan rute start dari Sekretariat GMNI Cab. Sikka menuju ke Kantor Bupati Sikka. Aksi damai tersebut dipimpin oleh Ketua DPC GMNI Cab. Sikka Saudara Hendrikus Hipolitus dan dengan menggunakan 1 unit mobil Pick Up, 1 unit sound system, 1 spanduk bertuliskan “Save Gunung Emas Papua, Nasionalisasikan Freeport Indonesia” serta 10 bendera GMNI.

Aksi unjuk rasa damai berakhir sekitar pukul 13.20 wita dan berjalan dengan aman, tertib dan lancar.