Polres Manggarai Barat Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Oprasi Zebra Turangga 2017

Polres Manggarai Barat Melaksanakan Apel Gelar Pasukan Oprasi Zebra Turangga 2017

Tribratanewsntt.com  – Kepolisian Resor Manggarai Barat, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2017 yang ditandai dengan Penyamatan tanda Pita Operasi Zebra kepada Perwakilan Personil TNI, POLRI, Dinas Perhubungan sebagai bentuk kesiapan dalam mengoptimalkan dan meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan, beretempat di lapangan apel Mapolres Mabar, Senin (1/11/2017).

Apel gelar pasukan dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya dalam melaksanakan operasi Zebra 2017 tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar, AKBP Dr. Supiyanto, M.Si dan di hadiri oleh tamu undangan diantaranya, Kadishub Kab.Mabar, Danramil 1612-02 Komodo, Danposal Labuan Bajo, perwakilan Kasat Pol PP kab,Mabar serta para pejabat utama Polres Mabar.

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa. MM. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kapolres Mabar, AKBP Dr. Supiyanto, M.Si menyampaikan bahwa, Ops Zebra ditahun 2017 akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 1 s/d 14 November 2017, dalam rangka mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas (Kamseltibcarlantas).

Pada pelaksanaan operasi zebra tahun 2017 kali ini pelanggaran yang menjadi sasaran difonkuskan pada target operasi yaitu, kendaraan bermotor yang melawan arus, kendaraan yang meggunakan rotator/lampu blitz/strobe, plat nomor tidak sesuai spektek.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Operasi Zebra ini diharapkan dapat meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, Meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib berlalulintas. Terwujudnya situasi Kamseltibcar lantas menjelang perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018.

Selain itu, guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas oleh sebab itu diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas, imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Kapolres menyampaikan lima penekanan dan arahan untuk dipedomani oleh para personil dalam pelaksanaan tugas dilapanagan yakni, [1] selalu bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa [2] Jaga keselamatan dalam pelaksanaan tugas [3] Tingkatkan disiplin anggota polantas demi terwujudnya pelayanan polantas yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme [4] Bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamseltibcarlantas [5] terwujudnya masyarakat yang tertib dan patuh hukum dalam berlalu lintas.