Pimpin Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata Kapolda NTT Minta Anggota Jaga Nama Baik Institusi

Pimpin Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata Kapolda NTT Minta Anggota Jaga Nama Baik Institusi

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H. memimpin upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022, Rabu (22/6/2022).

Upacara pemuliaan nilai-nilai Tribrata ini diselenggarakan di lantai 3 Mapolda NTT dan dihadiri Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto para pejabat utama Polda NTT serta perwakilan anggota dari Satker Mapolda NTT.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Mars Polri selanjutnya Pataka Polda NTT Catya Turangga Wirasakti memasuki tempat upacara dan mengambil tempat. Dilanjutkan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto melakukan pencucian Pataka Catya Turangga Wirasakti.

Untuk diketahui, pencucian Pataka Polda NTT Catya Turangga Wirasakti ini merupakan tradisi  yang dilakukan Polda NTT dalam menyambut hari Bhayangkara ke 76 tepatnya 1 Juli 2022.

Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Luhur Tribrata merupakan suatu tradisi yang wajib dilaksanakan dengan melakukan pencucian panji-panji Polri yang merupakan simbol untuk mensucikan dan pembersihan diri.

Pencucian panji-panji tersebut merupakan pedoman untuk setiap insan Polri agar tetap teguh memegang kebenaran, melaksanakan tugas pokok untuk melindungi, mengayomi, melayani, dan menegakkan hukum serta mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Dengan adanya tradisi upacara tersebut bisa menjadi momentum untuk introspeksi dan perenungan bagi seluruh prajurit Korps Bhayangkara dalam menjalankan tugasnya.

"Hari ini Rabu 22 Juni 2022 merupakan yang luar biasa dan kita menyelenggarakan upacara pemuliaan nilai-nilai luhur Tribrata. Upacara ini mengandung makna bahwa kita institusi Polri dan khususnya sebagai anggota Polri harus memaknai ada nilai-nilai yang harus kita jaga. Salah satunya menjaga nilai luhur dari pada lambang Tribrata yang dideskripsikan untuk tingkat Polda menjadi lambang-lambang Polda"ujar Kapolda NTT usai pelaksanaan.

Jenderal bintang dua di jajaran Polda NTT ini meminta seluruh anggotanya untuk menjaga nama baik institusi Polri.

"Jaga nama baik institusi dan lakukan tugas sebaik-baiknya dengan tetap berpedoman pada Tribrata"pungkas Kapolda NTT.