Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah NTT, Kapolda NTT : Kita Tidak Boleh Under Estimate

Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah NTT, Kapolda NTT : Kita Tidak Boleh Under Estimate

Tribratanewsntt.com - Apel Sinergitas TNI POLRI yang hari ini digelar merupakan hal yang rutin dilaksanakan di lingkup TNI POLRI khususnya di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini disampaikan oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum kepada awak media setelah apel Sinergitas TNI POLRI yang di gelar di Lapangan Utama Mapolda NTT, Senin (30/11/2020).

"Ini hal yang rutin, yang mana pada hari ini kita laksanakan di Polda NTT dengan pimpinan apelnya Pak Danrem 161/WS, nanti kita akan bergiliran", terang Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dikatakannya, tujuan dari apel ini tidak hanya sekedar sekedar bertemu di dalam suasana-suasan yang formal tetapi di dalam tugas-tugas rutin pun kebersamaan dilaksanakan bersama TNI dan Polri dengan melibatkan seluruh Perwira maupun anggota TNI Polri yang ada di NTT.

"Kegiatan ini pun akan diikuti oleh seluruh jajaran baik di Kodim maupun Polres jajaran", katanya.

"Ini juga menunjukan sinergitas dan soliditas TNI Polri yang sudah disampaikan oleh Pimpinan kita yakni, Panglima TNI dan Kapolri itu kita laksanakan dan kita jabarkan di lingkungan Nusa Tenggara Timur ini", tambahnya.

Lanjut dikatakannya, TNI POLRI merupakan pilar utama dalam rangka menjaga kuleutuhan NKRI dari setiap ancaman dan gangguan yang sifatnya baik itu, personal maupun hal-hal lain yang kaitannya dengan tugas-tugas TNI POLRI.

"Tadi juga disampaikan mengenai protokol kesehatan,  kita TNI dan Polri di Nusa Tenggara Timur tetap terus menggelorakan 3 M (Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) kepada masyarakat sehingga hal ini menjadi salah satu kebiasaan", ujar Kapolda NTT.

"Kita terus melakukan pencegahan penyebaran Covi-19 di wilayah NTT. Dan siapapun yang akan datang ke NTT wajib mengikut Protokol kesehatan ini, kita akan menolak bagi orang-orang yang mengabaikan protokol kesehatan", lanjutnya.

Sedangkan terkait Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah NTT, Kapolda NTT menyatakan di 9 Kabupaten yang melaksanakan Pilkada semuanya dianggap rawan dalam arti tidak boleh menganggap remeh situasi.

"Dalam artian kita tidak boleh under estimate,  kita laksanakan pengamanan sesuai SOP dan Protap yang ada. Netralitas TNI Polri juga secara tegas telah kita sampaikan kepada satuan terdepan agar proses demokrasi ini berjalan dengan baik, sehingga terpilih pemimpin yang baik yang dapat mensejahterakan masyarakat", terangnya.

"Sejauh ini, situasi di wilayah hukum Polda NTT berjalan aman dan lancar. Ada beberapa sedikit gesekan yang terjadi, namun kita tetap tindak lanjuti dan kita tindakan tegas. tegasnya.

Ia harpkan situasi tetap kondusif  dan dan tidak ada gangguan hingga selesai proses tahapan Pilkada serentak di wilayah NTT.

Terkait Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Kapolda NTT menyampaikan bahwa, TNI POLRI telah menyiapkan perbantuan baik itu menjaga keamanan dan ketertiban maupun bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak erupsi.

"Jadi kita TNI POLRI tidak hanya melaksanakan tupoksi menjaga keamanan dan ketertiban tetapi kita juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat,  Insyallah besok saya dengan Pak Danrem akan berangkat ke sana", imbuhnya.