Perselisihan antar Mosalaki (Tokoh Adat) di Ende

Perselisihan antar Mosalaki (Tokoh Adat)  di Ende

Tribratanewsntt -Berawal dari selisih paham yang terjadi Rabu 27 Januari 2016 sekitar pukul 09.00 Wita bertempat di desa Ndu ‘aria, Kec. Kelimutu kab. Ende sekelompok masyarakat yang pro Masolaki Nikolaus Pedo yang diwakili oleh Geradud Gaga dan kawan-kawan melakukan Teotipu (memasang tanda larangan adat) berupa menanam daun kelapa yang ditanam persis didepan pintu masuk rumah milik Raimundus Rada yang merupakan kelompok pendukung Musalaki Martinus Mite karena yang bersangkutan membangun dapur tanpa pemberitahuan kepada Mosalaki Nikolaus pado.

Setelah melakukan Teotipu kepada Geradus Gaga Cs selanjutnya kembali ke halaman Sa'o ria (rumah adat) sekitar 3 jam kemudian kelompok mosalaki Martinus Mite dkk yang dipimpin oleh Yoseph Kota, Kletus Tibo, Lukas Boa dan sekitar 50 (lima puluh) orang berdatangan di samping rumah Sa'o ria, berhadapan pada saat salah satu kelompok Nikolaus Pado yaitu Saverius Zumba hendak balik dari arah belakang ia dipukul oleh saudara Lukas Boa dengan menggunakan kayu sehingga mengenai dahi bagian kanan maka terjadi aksi balasan dari pihak Nikolaus Pado dengan menyerang kelompok Mosalaki Martinus Mite.

Kerena kalah jumlah maka kelompok Martinus Mite lari sambil melempar batu dan ada yang menggunakan panah. Karena tidak menukan kelompok Mosalaki Martinus Mite maka kelompok Mosalaki Nikolaos Pado melakukan pembakaran dan perusakan terhadap rumah dan barang yang ditinggal pemiliknya. Jumlah rumah yang rusak 24 (dua puluh empat) rumah, yang dibakar 2 (dua), sepeda motor 2 (dua) dirusak dan 2 (dua) dibakar, traktor mini 2 (dua) dirusak.

Untuk sementara pelaku masih dalam pemeriksaan di Polres Ende dan barang bukti yang berhasil disita yakni 10 (sepuluh) buah parang, 1 (satu) buah golok, 1 (satu) buah tombak dan 1 (satu) buah anak panah.