Perkenalkan Mobil Watergen Baru Polres Manggarai Barat

Perkenalkan Mobil Watergen Baru Polres Manggarai Barat

Armada baru melengkapi jajaran Polres Manggarai Barat. Satuan Samapta Polres Manggarai Barat mendapatkan bantuan Kendaraan Dinas yakni “Mobil WATERGEN (proses udara jadi air minum)” dari Korsabhara Baharkam Mabes Polri, Kamis (22/10/2020). 

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menerangkan bahwa kendaraan Watergen tersebut diterima oleh Kasat Samapta Polres Manggarai Barat Iptu Markus Malik di halaman belakang Mapolres Manggarai Barat.

“Kendaraan jenis Izuzu tahun 2020 ini dengan dilengkapi AC Split V2 PK, Light Bar dengan sirine, dan Mesin Watergen,” ungkapnya.

AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. juga menerangkan cara kerjanya, Watergen menciptakan mesin yang mampu mengubah udara menjadi air, mesin ini bekerja dalam empat langkah.

Langkah pertama adalah mesin menarik udara dari atmosfer ke dalam alat bernama water generator. Langkah kedua, mesin tersebut membersihkan udara dari partikel–partikel polusi.

“Filter udara akan menghilangkan semua debu dan kotoran dari udara, yang membuat udara jadi bersih dan murni,” tutur Kapolres Manggarai Barat.

Langkah ketiga, udara yang sudah murni dan bersih itu diarahkan untuk masuk ke teknologi bernama GENius TM heat exchange, di mana berlangsung proses pendinginan dan pengubahan dari udara ke air.

Kemudian, air yang sudah dihasilkan kembali disaring agar menjadi air murni serta ditambahkan mineral untuk meningkatkan kualitas air yang dikonsumsi.

“Terakhir, air yang dihasilkan disimpan dalam penyimpanan supaya air tetap dalam kondisi segar, sehat, dan berkualitas tinggi,” terang Kapolres Manggarai Barat.

Kendaraan operasional tersebut diserahkan untuk mendukung kelancaran tugas Sat Samapta Polres Manggarai Barat. “Diketahui bahwa wilkum Polres Manggarai Barat mempunyai obyek Wisata bertaraf Internasional yaitu Taman Nasional Komodo (TNK) dan sudah ditetapkan oleh Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo sebagai Kawasan Wisata Super Premium sehingga harus menjadi perhatian khusus dengan sarpras yang memadai,” imbuhnya.

“Saya berharap dengan adanya penambahan sarana ini menjadikan Polres Manggarai Barat akan lebih meningkat kinerja dan selalu siap sedia bilamana masyarakat membutuhkan,” pungkas AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.