Pemeriksaan Pasokan Bahan Pokok di Kota Kupang: Satgas Pangan Polda NTT Pantau Kenaikan Harga Beras

Pemeriksaan Pasokan Bahan Pokok di Kota Kupang: Satgas Pangan Polda NTT Pantau Kenaikan Harga Beras

Tribratanewsntt.com - Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Perum Bulog Kantor Wilayah NTT, Disperindak Provinsi NTT, dan Dinas Pertanian Provinsi NTT, melaksanakan pemeriksaan terhadap pasokan bahan pokok di sejumlah pasar di Kota Kupang pada Selasa (27/2/2024).

Tim Satgas Pangan melakukan pengecekan di Pasar Kasih Naikoten, Pasar Oeba, dan sejumlah distributor beras dan gudang Bulog di Kecamatan Alak, Kota Kupang. Kasubdit 1 Industri dan Perdagangan Ditreskrimsus Polda NTT, Kompol Yan Kristian Ratu, S.H., yang mewakili Kasatgas Pangan Polda NTT, memimpin kegiatan tersebut.

Dalam upaya pemantauan, tim Satgas Pangan memeriksa ketersediaan dan harga bahan pokok seperti beras, telur, minyak goreng, dan bahan pokok lainnya. Panit Subdit 1 Ditreskrimsus Polda NTT, AKP Rendi Widyadharma, yang mendampingi Kasubdit 1, menjelaskan bahwa stok bahan pokok saat ini masih aman, namun, harga beras mengalami peningkatan.

"Harga beras berada di kisaran 11 ribu hingga 18 ribu per kilogram, dengan peningkatan terutama pada beras premium akibat penyesuaian harga dari pulau Jawa," kata AKP Rendi.

Meskipun terjadi kenaikan harga, Satgas Pangan Polda NTT akan terus memantau situasi, khususnya menjelang hari raya Lebaran. "Kita akan terus memantau baik dari distributor maupun di pasar agar tidak terjadi lonjakan harga, terutama saat hari raya Lebaran nanti," tambahnya.

Hingga saat ini, Satgas Pangan Polda NTT belum menemukan indikasi penimbunan atau penyimpangan dalam distribusi bahan pokok. Masyarakat diminta untuk tetap tenang, sementara Satgas Pangan Polda NTT siap bertindak cepat untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok di Kota Kupang.