Mengenal Pasukan Cordon Penyambut Kepala Negara KTT ke-43 ASEAN

Mengenal Pasukan Cordon Penyambut Kepala Negara KTT ke-43 ASEAN

6 September 2023 – Para pimpinan negara mitra ASEAN telah tiba di Indonesia untuk mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 5--7 September 2023. Para tamu negara yang hadir mendapat penghormatan militer oleh Pasukan Kehormatan atau Pasukan Cordon dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). 

Pasukan Cordon merupakan prajurit-prajurit militer TNI Angkatan Darat terbaik. Mereka bertugas sebagai pengawal protokoler kenegaraan. Pasukan inilah yang menyambut para kepala negara yang hadir pada KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

"Tugas Pasukan Cordon menyambut kedatangan kepala- kepala negara yang menghadiri KTT ASEAN ke-43," kata Komandan Pleton Pasukan Kehormatan Cordon, Letda CPM Sumarjo Sianturi dalam tayangan video Sekretariat Presiden, Rabu (6/9/2023).

Ia menjelaskan, Pasukan Cordon mengenakan seragam yang berbeda dengan pasukan lainnya. "Jika saat kepala-kepala negara di Istana (Presiden) kita mengenakan (seragam) merah putih. Tapi saat KTT ASEAN ini kita istimewa menggunakan baju Pasukan Cordon," ujar dia.

Ia menyatakan untuk gelaran makan  malam (gala dinner) dan acara resmi yang dihadiri oleh para kepala negara, Pasukan Cordon akan mengenakan seragam berwarna hitam.

Letda CPM Sianturi menjelaskan, pasukan ini telah melakukan persiapan matang untuk menyambut kepala negara yang hadir di KTT ASEAN.

"Selama kita melaksanakan latihan, kendalanya tidak ada. Semuanya aman, lancar dan terkendali," kata dia.