Memperingati HUT RI ke-78, Para Pejabat Polda NTT Hadiri Upacara Penghormatan dan Renungan Suci di TMP Dharmaloka

Memperingati HUT RI ke-78, Para Pejabat Polda NTT Hadiri Upacara Penghormatan dan Renungan Suci di TMP Dharmaloka

Tribratanewsntt.com - Para pejabat utama dari Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) menghadiri dengan khidmat upacara Apel Penghormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Dharmaloka, jalan Timor Raya No. 10, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Kamis dini hari (17/8/2023).

Dalam rangkaian acara ini, Brigadir Jenderal TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., yang menjabat sebagai Danrem 161 Wira Sakti Kupang, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara kehormatan dan renungan suci ini diadakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia serta menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah mengabdi kepada Nusa dan Bangsa.

Hadirnya Danrem 161/Wira Sakti dalam memimpin upacara ini menjadi momen bersejarah, dimana penghormatan dilakukan kepada 259 pahlawan yang dikebumikan di TMP Dharmaloka.

Para pahlawan tersebut terdiri dari anggota TNI dan Polri sebanyak 75 orang, pahlawan perjuangan rakyat sebanyak 100 orang, serta pahlawan tak dikenal sebanyak 84 orang.

Acara ini dirangkaikan dengan pembacaan Naskah AKRS, mengheningkan cipta, penyalahan obor, pembacaan doa, dan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Selain pejabat Polda NTT, turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan Gubernur NTT, Danlantamal VII Kupang, Danlanud El Tari Kupang, perwakilan DPR Provinsi NTT, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi NTT, serta Asisten Intelijen Kejati NTT. Acara ini juga diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan tamu undangan lainnya.

Melalui upacara penghormatan dan renungan suci ini, semangat patriotisme dan penghargaan kepada para pahlawan terus ditekankan, menjadikan momentum peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia semakin berarti bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur.