Korban Kebakaran di Mbeliling Terima Bantuan Presiden Jokowi

Korban Kebakaran di Mbeliling Terima Bantuan Presiden Jokowi

Tribratanewsntt.com - Jajaran Kepolisian terus berupaya untuk lebih dekat dengan masyarakat dan meringankan beban warga yang tertimpa musibah.

Salah satu contohnya adalah yang dilakukan jajaran Polsek Sano Nggoang Polres Manggarai Barat. Korps Bhayangkara yang bermarkas di Jalan Werang - Labuan Bajo, Kecamatan Sano Nggoang itu, menyalurkan bantuan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo berupa sembako kepada masyarakat yang terkena musibah kebakaran di Kampung Ndole, Desa Golo Damu, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat. 

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolsek Sano Nggoang, IPDA Juharis kepada Blasius Agen yang merupakan korban kebakaran rumah. Penyerahan bantuan tersebut berlangsung pada Rabu (22/03/2023) kemarin.

Kapolres Mabar, AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Sano Nggoang, IPDA Juharis mengatakan bantuan Presiden Jokowi yang disalurkan Polsek Sano Nggoang, yakni kebutuhan pangan non tunai. Seperti diantaranya 5 Kg beras, 1 Kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, dan beberapa bahan pokok lainnya.

"Penyaluran bantuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Labuan Bajo, beberapa waktu yang lalu. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau langsung sejumlah fasilitas dan infrastruktur yang rencananya akan digunakan untuk penyelenggaraan KTT Asean Summit Ke-42 pada bulan Mei mendatang," kata Kapolsek.

"Kita harap, paling tidak bantuan ini dapat meringankan keluarga yang rumahnya terbakar, khususnya keluarga pak Blasius Agen," ungkap IPDA Juharis usai menyerahkan bantuan.

Pemberian bantuan tersebut juga melibatkan para isteri-isteri Polisi atau ibu-ibu Bhayangkari Ranting Sano Nggoang.  

Mantan Kasubbag Humas Polres Mabar itu menyampaikan kepada korban kebakaran agar segera mengurus jika ada surat-surat penting yang ikut hangus terbakar. Ia pun berjanji akan memberikan kemudahan bagi korban dalam proses pembuatan laporan kehilangan. 

"Untuk surat-surat berharga, silahkan lengkapi administrasinya, pengurusan mulai dari Desa dan bikin laporan di Polsek atau Polres. Bikin laporan kehilangan akan dipermudah, akan dibantu dan dijembatani oleh Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat)," ujar IPDA Juharis. 

Seperti di ketahui, musibah kebakaran tersebut terjadi pada Rabu (08/03/2023) pagi sekitar pukul 10.00 Wita, menyebabkan rumah Blasius Agen terbakar habis, lantaran bangunan yang terbakar terbuat dari bahan semi permanen.

"Ditambah cuaca cerah dan hembusan angin menyulitkan masyarakat untuk melakukan pemadaman," ujarnya.

Disamping itu, IPDA Juharis memastikan dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, lantaran saat insiden tersebut terjadi, penghuni rumah sedang tidak berada di rumah.

"Untuk sementara waktu, pak Blasius Agen dan keluarga tinggal sementara dirumah kerabat," tutup Kapolsek.

Selain itu, jajaran Polsek Sano Nggoang juga menyalurkan bantuan dari Presiden Jokowi kepada masyarakat yang membutuhkan di Desa Golo Damu maupun Desa-Desa lainnya di Kecamatan Mbeliling.

Terakhir, perwira dengan balok satu dipundaknya itu juga mengimbau agar warga lebih waspada terhadap kejadian kebakaran. 

"Terutama di kawasan padat penduduk, kita harapkan untuk waspada, pastikan listrik dan peralatan masak dalam kondisi aman saat akan meninggalkan rumah," imbaunya.