Kesiapan Pengamanan KTT G20 dan ASEAN Summit 2023, Kapolda NTT Menerima Kunjungan dari Stafsus Kementrian Pariwisata RI Bidang Keamanan

Kesiapan Pengamanan KTT G20 dan ASEAN Summit 2023, Kapolda NTT Menerima Kunjungan dari Stafsus Kementrian Pariwisata RI Bidang Keamanan

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin menerima kunjungan dari Staf Khusus Kementrian Pariwisata RI Bidang Keamanan di Mapolda NTT, Selasa (4/7/2020) siang.

Stafsus Kementrian Pariwisata RI Bidang Keamanan diantaranya,  Irjen Pol Adi Deriyan Jayamarta, AKBP Setyo Kusharyanto,  AKBP Eko Novan, AKBP Abd Azis Anggota, Iptu Arif Maulana dan Briptu Dinda tiba di Mapolda NTT disambut hangat oleh Kapolda NTT.

Sementara ikut mendampingi Kapolda NTT saat pertemuan ini, antaralian, Dirintelkam Polda NTT, Dirkrimum Polda NTT, Kabidkum Polda NTT, Kapolres Manggarai Barat dan Kapolres Rote Ndao.

Adapun tujuan dari pertemuan ini, yang disampaikan oleh Irjen Pol Adi Deriyan Jayamarta yakni, terkait persiapan kegiatan simulasi gabungan protokol Safety Security di Labuan Bajo dalam rangka kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 dan ASEAN Summit 2023 mendatang.

"Simulasi ini akan diikuti oleh beberapa isnstansi terkait termasuk TNI Polri yang dijadwalkan akan digelar pada akhir Agustus atau akhir September 2020 ini, yang mana sesuai rencana akan dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo", ungkap Irjen Pol Adi Deriyan Jayamarta.

Selain itu, dikatakannya pertemuan ini sekaligus ingin mengetahui sejauh mana kesiapan dari Polda NTT dan jajaran dalam rangka pengamanan kegiatan KTT G20 dan ASEAN Summit 2023.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin mengungkapkan bahwa Polda NTT siap mengamankan kegiatan KTT G20 dan ASEAN Summit tahun 2023 mendatang.

Terkait kesiapan, kami (Polda NTT) siap mengamankan jalannya kegiatan KTT G20 dan ASEAN Summit tahun 2023, namun terkait pemenuhan fasilitas keamanan, saya berharap perlunya penambahan personel Polri untuk memperkuat kekuatan yakni, Anggota Polisi Pariwisata, Anggota Brimob, Polsek Komodo terutama pada Anggota Polair yang ada sekarang di Labuan Bajo yakni, dari Pos menjadi Sat", terang Irjen Pol Drs. Hamidin.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTT juga menyampaikan bahwa, perlu adanya peningkatan pengelolaan pariwisata di Labuan Bajo agar lebih baik dan menguntungkan untuk daerah.

Menurutnya, selama ini pengelolaan pariwisata di Labuan Bajo tidak efektif sehingga dari aspek PAD daerah tersebut tidak mendapatkan keuntungan atau rugi. Ia pun berharap di Labuan Bajo dibangun saran kontrol.

Saya berharap agar Pemerintah Daerah melakuakan study banding ke luar negeri sehingga nantinya pengelolaan pariwisata yang ada di Labuan bajo dapat dikelola secara lebih baik dan dapat menguntungkan untuk daerah, karena selama ini yang saya liat pengelolaannya salah sehingga daerah tidak mendapatkan apa-apa atau dari aspek PAD kita rugi", harapnya