KEDEKATAN BHABINKAMTIBMAS POLRES MANGGARAI BARAT BRIPKA YUNUS DENGAN WARGA BINAANNYA

KEDEKATAN BHABINKAMTIBMAS POLRES MANGGARAI BARAT BRIPKA YUNUS DENGAN WARGA BINAANNYA

Tribratanewsntt.com,- Kedekatan Bhabinkamtibmas yang ditujukan kepada masyarakat, tidak hanya melakukan sosialisasi namun bentuk nyata di tengah masyarakat.

Salah satunya Bhabinkamtibmas Polres Manggarai Barat, BRIPKA Yunus yang selalu dekat dengan warga binaannya disalah satu desa terpencil di Kabupaten Manggarai Barat tepatnya di Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo.

mabar 3 Bhabinkamtibmas ini tidak sengan-sengan untuk berbaur serta menolong masyarakat yang membutuhkan petolongan, “saya akan bantu semampu saya bagi warga yang membutuhkan pertolongan”, ungkap BRIPKA Yunus.

Bhabinkamtibmas Desa Golo Mori, Kecamatan Komodo tampaknya paham betul dengan tugas dan tanggung jawabnya, ini bisa dibuktikan dengan setiap ada event ataupun kegiatan di desa Golo Mori, sang Bhabinkamtibmas selalu ada untuk mendampingi kegiatan tersebut agar bisa berjalan dengan aman dan lancar, serta selalu menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Ia bahkan senang dan betah ada di tengah-tengah warga binaanya, walaupun daerah tempat bertugas jauh dari Kota, akses jalan serta minimnya fasilitas pendukung di Desa tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk tetap melayani warga binaannya. Bahkan pada saat musim hujan, ia menggunakan kuda sebagai transportasi untuk mendatangi warganya dan untuk mendapatkan jaringan komunikasi Ia harus memanjat pohon agar bisa mengirimkan laporannya ke Polres.

Seorang Bhabinkamtibmas memang dituntut untuk bisa dekat dengan masyarakat, terutama masyarakat di desa binaannya, karena seorang Bhabinkamtibmas sejatinya adalah polisi yang benar benar harus mengetahui karakter masyarakat pada desa binaannya.

Kedekatan ini yang nantinya akan menghasilkan situasi dalam desa binaannya menjadi lebih terkendali dan nyaman, karena seorang Bhabinkamtibmas juga dituntut untuk bisa mendeteksi secara dini setiap permasalahan yang timbul dan ada di desa binaannya untuk kemudian masalah tersebut bisa diselesaikan baik secara kekeluargaan maupun dengan menggunakan hukum negara.