Kasat Lantas Polres Ngada, AKP Sudirman, S.Sos, menyebutkan kecelakaan lalu lintas saat acara pesta sambut di Kota Bajawa tidak ada

Kasat Lantas Polres Ngada, AKP Sudirman, S.Sos, menyebutkan kecelakaan lalu lintas saat acara pesta sambut di Kota Bajawa tidak ada

Tribratanewsntt.com - Tahun sebelumnya berdasarkan informasi dari masyarakat, setiap ada hajatan pesta sambut baru pasti selalu ada kecelakaan lalu lintas, penyebabnya adalah Minuman keras (Miras).

“Berdasarkan pantauan kami lapangan tidak ada kecelakaan lalu lintas hingga saat ini. Laporan masyarakat kalau tahun sebelumnya pasti ada kecelakaan,” ujar AKP Sudirman, S.Sos, Senin (27/8/2018).

Ia mengaku upaya pencegahan sebelum pergelaran pesta sambut baru sudah dilakukan oleh Satlantas Polres Ngada.

Polres Ngada melalui Satlantas sudah menggelar sosialisasi bahaya Miras kepada semua orangtua yang anaknya akan menerima komuni pertama di Gereja MBC Bajawa.

“Jadi satu hal kemarin yang saya lakukan. Yaitu masuk ke gereja untuk sosialisasi. Mengurangi konsumsi miras. Banyak kecelakaan yang terjadi setiap tahun itu penyebabnya alkohol,” ujar AKP Sudirman.

Ia mengaku sosialisasi kepada masyarakat berarti ada dampak sehingga kedepan pihaknya akan selalu bersama tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk gencar sosialisasi.

“Ada dampak sosialisasi digereja itu sehingga tidak ada kecelakaan. Dan acara sambut baru berlangsung aman dan tertib. Memang beda dengan tahun sebelumnya ada kecelakaan akibat Miras saat pesta sambut baru. Karena kita sudah sosialisasi maka ada kesadaran dari masyarakat dan orangtua bertamggunjawab atas pesta sambut baru,” ujar AKP Sudirman.

Ia mengaku tradisi pesta di Flores identik dengan minum alkohol. Upaya kita adalah untuk mengurangi. Pesan kepada orangtua yang anaknya menerima komuni pertama agar mengurangi memberikan alkohol kepada tamu dan undangan.

“Disini kan minum alkohol menjadi tradisi. Jadi kita luruskan. Alangkah baiknya kurangi. Dan jika memang sudah konsumsi alkohol yang berlebihan sebaiknya tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor. Agar tidak menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” ujar AKP Sudirman.

Ia mengucapkan limpah terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersama Satlantas Polres Ngada mengkampanyekan gerakan sadar berlalu lintas dan tidak mengkonsumsi miras berlebihan.

“Terima kasih kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat yang sudah mendukung program Dikmas dari Satlantas Polres Ngada,” ujar AKP Sudirman.

Ia meminta kepada semua elemen agar terus mendukung program Dikmas Satlantas Polres Ngada. (**)