Karnaval Budaya Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 72 di Kabupaten Flores Timur

Karnaval Budaya Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 72 di Kabupaten Flores Timur

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke 72, seperti biasa setiap tahun masyarakat kabupaten Flores Timur  mengadakan berbagai kegiatan.

Kegiatan Karnaval Budaya tingkat Kabupaten Flores Timur  mulai dari tingkat PAUD / TK / SD / SMP atau sederajat se-kota Larantuka, yang diikuti  dan didampingi para guru dimasing – masing sekolah. Senin ( 14/08/2017 ) pukul 15.00 sampai dengan 18.00 wita.

Kali ini titik kumpul peserta karnaval dibagi 3 ( tiga ) titik kumpul yaitu di jalan umum tepatnya di depan TKK Letisia Kel. Pohon Sirih, Halaman Mapolres Flotim Kel. Amagarapati dan di Jalan Reinha Rosari Kel. Larantuka  diwilayah Kec. Larantuka Kab. Flotim, sedangkan titik akhir ( Finish ) di depan Rumah Jabatan Bupati Flotim Kel. Lokea Kec. Larantuka Kab. Flotim.

Pelaksanaan upacara pelepasan karnaval pada titik kumpul di Mapolres Flotim dilepas oleh Kapolres Flotim AKBP Arri Vaviriyantho. S.IK, M.Si  ditandai dengan pengibaran bendera Start, dan kegiatan dihadiri oleh Sekertaris KPUD Kab. Flotim, Ibu Ketua Bhayangkari cabanf Flotim, para Kabag, Kasat, Perwira polres Flotim, Panitia Penyelenggara Seksi karnaval, para guru dan siswa tingkat PAUD / TK / SD / SMP / SMA / Instansi serta masyarakat kota Larantuka yang turut menyaksikan kegiatan tersebut.

Sedangkan untuk pelaksanaan upacara pelepasan karnaval pada titik kumpul di depan TKK Letisia Kel. Pohon Sirih – Larantuka dilepas oleh Asisten I Setda Kab. Flotim Abdul Razak Cakra, SH dan pada titik kumpul di Kel. Larantuka dilepas oleh Dandim 1624 Flotim Letkol Inf. Dady Rosyadi, SE selaku Inspektur Upacara.

Dalam kegiatan ini Polres Flotim telah menempatkan personil Pam baik terbuka maupun tertutup untuk mengawal karnaval jalan kaki dan kendaraan roda 4 maupun untuk menempati pos – pos yang dianggap munculnya kemacetan lalu lintas maupun penonton karnaval agar pelaksanaan berjalan lancar dan aman.

Warga masyarakat sangat antusias sekali dan senang menonton karnaval tersebut karena merupakan kegiatan rutin setiap bulan agustus yang dilaksanakan oleh Pemda Flotim. Dan selain itu menunjukan keanekaragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Pada titik akhir ( Finish ) para peserta karnaval di sambut dan di terima oleh Bupati Flotim Antonius H. G. Hajon, ST, Wakil Bupati Flotim, pimpinan Forkopinda, Ketua DPRD Kab. Flotim, para ketua organisasi wanita tingkat Kab. Flotim, pimpinan SKPD Kab. Flotim di halaman depan rujab Bupati Flotim.