Kapolsubsektor Nabe Polres Sikka Lakukan Sosialisasi Saber Pungli

Kapolsubsektor Nabe Polres Sikka Lakukan Sosialisasi Saber Pungli

Tribrataneswntt.com - Kepala Kepolisian Subsektor Nabe, Polres Sikka Ipda I Wayan Artawan, S.H., bersama personel Polsubsektor melakukan sosialisasi dan imbauan tentang Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) di Kantor Desa Nebe, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (18/3/2019) kemarin.

Sosialiasi dan imbauan ini ditujukan agar masyarakat dapat memahami bahwa pelayanan yang diberikan oleh Kepolisian adalah free (gratis) di luar ketetapan yang sudah ada, saat masyarakat berada dibagian pelayanan publik sepertihalnya pelayanan SIM, SKCK dan Laporan Kepolisian.

Kapolsubsektro Nabe Ipda I Wayan Artawan, S.H. saat dikonfirmasi oleh Humas Polda NTT, Selasa (19/3/2019) pagi, mengatakan kegiatan ini merupakan atensi dari Mabes Polri, terhadap kegiatan pungli sehingga saat ini sudah terbentuk Tim Satgas Saber pungli di setiap daerah.

"Kegiatan ini juga dalam bentuk pencegahan, pemberantasan pungli yang diatur dalam Peraturan Presiden No.87 tahun 2016 dan memberikan himbauan tentang pelayanan publik dalam UU No.25 tahun 2009", ungkap Ipda I Wayan Artawan, S.H.

"Mensukseskan Saber Pungli, kami (Kepolisian) juga mensosialiasikan kepada masyarakat melalui berbagai media, baik berupa baner yang bertuliskan Stop Pungli, imbauan secara door to door serta melalui media sosial yang dimiliki Polres Sikka", tambahnya.

Ia juga memberikan Imbauan kepada Para pemuda atau remaja agar memberikan informasi kepada Aparat jika terjadi/menemukan tindakan Pungutan Liar.

"Apabila merasa menjadi korban dari sebuah perbuatan pungli untuk itu korban dapat melaporkan kepada petugas Tim saber pungli yang sudah terbentuk melalui nomor telpon yang sudah disosialisasikan", pungkasnya. (G)