Kapolres Ende Pimpin Upacara Kehormatan dan Renungan Suci Peringati HUT RI Ke-75

Kapolres Ende Pimpin Upacara Kehormatan dan Renungan Suci Peringati HUT RI Ke-75

Tribratanewsntt.com - Rangkaian kegiatan Perayaan HUT RI Ke - 75 Tahun 2020, Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana, S.I.K., Pimpin Upacara Kehormatan dan Renungan Suci Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Ende Tahun 2020, bertempat di di Taman Makam Pahlawan (TMP) Maribhara Ende, Senin (17/8/2020) pukul 00.00 wita.

Kegiatan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci  tersebut dihadiri oleh Forkompimda Kab. Ende, Pleton gabungan Perwira TNI/ Polri, Kadisjan, Instansi dan undangan lain, 1 Pleton Personil Polres Ende dan 1 Pleton Personil Kodim 1602 Ende, dengan mengusung Tema Nasional " Indonesia Maju" dan Tema Kabupaten "Dengan Semangat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kita Satukan Tekad Untuk Mewujudkan New Normal Di Kabupaten Ende".

Pelaksanaan Upacara Penghormatan dan Renungan Suci tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Di masa pandemi virus corona, seluruh peserta dan undangan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan.

Acara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, selanjutnya dibacakan doa yang dipimpin Kapolres Ende.

Doa dibacakan di bawah cahaya obor yang dibawa dua personel Propam Polres Ende.

Dalam penyampaiannya, Kapolres Ende menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbananan saudara-saudara sebagai Pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan Negara dan Bangsa.

Serta, “Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan saudara -saudara adalah perjuangan kami juga dan jalan pengabdian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga, kami berdoa semoga arwah saudara sekalian diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Kapolres Ende AKBP Albertus Andreana,S.I.K.

“Kegiatan upacara ini dilaksanakan  untuk mengenang Jasa para Pahlawan Bangsa yang telah Gugur mengorbankan Jiwa dan Raga dalam membela Kemerdekaan Republik Indonesia dari kolonialisme penjajah serta menjaga Kedaulatan NKRI,” pungkas Kapolres.

Untuk diketahui,Taman Makam Pahlawan Maribhara Ende ini ada 17 makam yang terdiri dari TNI 6 Orang, Polri 7 Orang, Pegawai Negeri Sipil 2 Orang, Pejuang Rakyat 1 Orang dan Pejuang Tak Dikenal 1 Orang.