Kapolres Belu Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2017

Kapolres Belu Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2017

Tribratanewsntt.com – Permasalahan lalu lintas di jalan raya khususnya populasi kendaraan bermotor, pertumbuhan penduduk dan pembangunan perkotaan, mengalami perkembangan yang sangat pesat namun tidak diimbangi dengan pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana jalan yang memadai, sehingga menimbulkan gangguan terhadap kamseltibcar lantas.

Mencermati hal tersebut, Polri dengan fungsi opsnal dan instansi terkait, telah menetapkan kalender operasi patuh yang rutin di laksanakan setiap tahun menjelang bulan suci ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1438 H .

Hal ini disampaikan Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan, S.H., SIK, M.Si saat bertindak sebagai Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2017, di halaman apel Polres Belu, selasa (9 Mei 2017).

Kaitan dengan Operasi ini, Kapolres Belu yang membacakan amanat tertulis KEPALA KOPS LALU LINTAS POLRI, menerangkan bahwa operasi Patuh kali ini dilaksanakan dengan mengutamakan Tindakan Represif Berupa Penegakkan Hukum Penilangan Yang Terukur Bagi Para Pelanggar Lalu Lintas tanpa mengesampingkan Kegiatan Preemtif dan Preventif Serta dilakukan dengan tindakan Kepolisian Yang humanis Mengedepankan 3 S (Senyum Sapa Salam).

Di akhir amanat, Inspektur Apel berharap melalui penyelenggaraan operasi patuh ini, maka akan tercapai beberapa tujuan sebagai antara lain terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, turunnya turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalu lintas; dan terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang mantap.

Apel Gelar pasukan Ops Patuh, ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Inspektur Apel serta penyematan Pita tanda operasi kepada perwakilan dari anggota Lantas, Brimob, Suden Pom IX Udayana Belu, dan Sat Pol PP Kab.Belu.

Gelar Pasukan ini dihadiri oleh Dandim 1605 Belu, Dansatgas Pamtas RI-RDTL, Ketua Pengadilan Negeri Atambua,Kepala Kejaksaan Negeri Atambua (yang mewakili), Ketua MUI Kab. Belu, Kepala RRI Atambua, Kepala BRI Atambua, Kepala Jasa Raharja (yang mewakili), Dansub Den POM Atambua , para Kabag, Kasat, Kapolsek, Wadansubden 2 Pelopor Atambua Atambua dan Perwira Staf Polres Belu .

Bertindak sebagai Perwira apel adalah Kasat Lantas Polres Belu IPTU Made Juni Artawan, SIK dan sebagai Komandan Apel Kaur Bins Ops Narkoba IPDA Oscar Pinto Ribeiro dengan peserta apel terdiri dari barisan Subden Pom IX Udayana Belu, Subden Pelopor Brimob Atambua, barisan Dalmas, Sabhara, lantas, reskrim, intelkam, Sat Pol PP serta barisan Dishub darat Atambua.

Untuk diketahui, Operasi Patuh ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, terhitung selasa 9 Mei s/d 22 Mei 2017.