Kapolres Belu Berikan Pembekalan kepada Siswa Diktukba Polri Perbatasan SPN Polda NTT

Kapolres Belu Berikan Pembekalan kepada Siswa Diktukba Polri Perbatasan SPN Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Belu AKBP Christian Tobing, S.I.K.,M.Si., memberikan pembekalan kepada 94 siswa Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri Perbatasan, di aula hotel Nusantara dua Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (21/2/19).

Kapolres Belu berpesan kepada Siswa Diktukba yang melaksanakan latihan kerja (Latja) di wilayah hukumnya, untuk betul-betul mencermati apa yang sudah dterima selama pelatihan, sehingga bisa dijadikan bekal nantinya setelah dilantik menjadi anggota Polri.

“Sebelumnya saya mohon maaf tidak sempat menyambut kedatangan adik-adik karena berbenturan dengan tugas di luar. Tentunya dalam beberapa hari ini, adik-adik sudah mendapat banyak pelajaran berharga yang diberikan para mentor disini”kata Kapolres Belu.

“Untuk itu Saya minta apa yang sudah didapat, betul-betul dicermati dan dipelajari kembali. Kaitkan dengan ilmu yg sudah anda dapatkan di SPN, lakukan analisa dan evaluasi. Jadikan sebagai pengalaman untuk anda melaksanakan dinas, setelah dilantik tanggal 4 Maret nanti”lanjut Kapolres Belu.

Lebih lanjut, Kapolres Belu mengimbau kepada para siswa Diktuba T.A 2018/2019, untuk memanfaatkan sisa waktu latihan kerjanya, dengan berlatih secara sungguh-sungguh dan tidak membuat pelanggaran yang dapat merugikan dirinya sendiri.

“Tinggal dua hari, adik-adik sudah menyelesaikan latihan kerjanya disini. Tetap belajar yang serius dan saya harapkan sampai selesai nanti tidak ada pelanggaran. Jangan membuat hal-hal yang membuat penilaian menjadi berkurang. Saling mengingatkan itu penting, supaya tidak terjadi pelanggaran”tegas Kapolres Belu.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu yang didampingi Waka Polres Belu Kompol I Ketut Perten dan pengasuh siswa, memperkenalkan sekaligus menceritakan perjalanan karirnya selama menjadi anggota Polri hingga menjabat sebagai orang nomor satu di Polres Belu.

Selain itu, Kapolres Belu juga memaparkan secara garis besar situasi Kamtibmas Polres Belu, situasi kesatuan seperti jumlah personil Polres dan Polsek yang ada di Kab.Belu maupun Kab.Malaka, situasi perbatasan RI-Timor Leste mencakup situasi perbatasan secara umum, jarak lokasi Pamtas RI-Timor Leste, dan kasus-kasus yang ditangani terkait pelanggaran di wilayah perbatasan.

Kegiatan pembekalan yang ditutup dengan sesi tanya jawab, turut dihadiri Kabag Sumda AKP Januarius Seran, SH, para mentor siswa latja serta pendamping dari SPN Polda NTT.

Untuk diketahui, siswa Diktukba Polri Perbatasan asal SPN Polda NTT ini, melaksanakan latihan kerja (latja) di Polres Belu selama 7 hari, mulai tanggal 17-23 Februari 2019.

Selama seminggu, puluhan siswa diberikan pelatihan fungsi teknis kepolisian diantaranya pengaturan lalu lintas dan TPTKP laka lantas (lantas), penjagaan dan obyek vital (sabhara), pelayanan prima terhadap saksi, korban dan juga pelaku (reskrim), penyelidikan (Intelkam), penyuluhan Binmas Pionner, hingga penyelidikan kejahatan di wilayah perbatasan.